Selasa, 6 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Muhaimin Iskandar: Pesantren Berperan Bagi Pembangunan Bangsa

Pesantren Bangsa antara
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) dan Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan betapa besar peran pesantren bagi pembangunan bangsa. Kontribusinya telah diwujudkan bukan hanya saat ini, tapi sejak Indonesia belum merdeka.

“Pesantren adalah subjek masyarakat yang sangat efektif menjadi kekuatan perbaikan, di samping pesantren juga memiliki jasa dan kiprah dalam perbaikan masyarakat bangsa,” kata Gus Ami, sapaan akrabnya, saat menghadiri silaturahim dengan 200 alim ulama se-Jawa Tengah di Pondok Pesantren Edi Mancoro, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (25/03/2021).

Maka dari itu Cak Imin sapaan akrab lainnya mengatakan Undang-Undang Pesantren yang disahkan pada 2019 yang lalu menjadi salah satu payung bagi kemajuan Pesantren yang sudah berkiprah sangat besar di Indonesia. “Pesantren bukan hanya benteng agama, tapi juga benteng kekuatan sosial, ekonomi dan bahkan budaya,” ungkapnya.

Karenanya Cak Imin menyebut mengawal implementasi UU Pesantren berupa Perda Pesantren adalah tugas yang harus dijalankan dengan baik. “Jadi kira-kira tugas PKB itu begini, bagaimana menjadikan pesantren di seluruh Nusantara benar-benar menjadi ujung tombak kemajuan bangsa, baik kemajuan agama, ekonomi, sosial bahkan budaya,” tuturnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan terima kasih kepada DPW PKB Jateng yang sudah menyiapkan langkah-langkah penyusunan Perda Pesantren untuk men-follow up UU Pesantren yang memerlukan totalitas, soliditas, serta sinergi.

“Saya berterima kasih kepada DPW PKB Jateng yang menyiapkan langkah-langkah penyusunan Perda Pesantren untuk men-follow up UU Pesantren yang sudah kita buat di mana proses penyusunannya sangat monumental,” tukas Gus Ami.

Hadir dalam kesempatan itu Syuriah PBNU, KH. Subhan Makmun, Ketua PWNU Jateng, KH. Muzammil, Pengasuh Ponpes Edi Mancoro, KH. Muhammad Hanif, serta Ketua Dewan Syuro DPC PKB se-Jateng.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

HTI: Tidak Benar, Syariah Islam Hambat Investasi di Aceh

HTI: Tidak Benar, Syariah Islam Hambat Investasi di Aceh

23 Ribuan LSL/Waria di Jabar, 1.500 Tempat Mangkalnya

23 Ribuan LSL/Waria di Jabar, 1.500 Tempat Mangkalnya

Tak Terima Vonis Hakim,  Pendukung Ahok di Sorong, Bali dan Medan Nyalakan Lilin Dukungan

Tak Terima Vonis Hakim, Pendukung Ahok di Sorong, Bali dan Medan Nyalakan Lilin Dukungan

HUT Jakarta ke-493, Fahira: DKI di Jalur Tepat Hadapi Pandemi

HUT Jakarta ke-493, Fahira: DKI di Jalur Tepat Hadapi Pandemi

FORKAMI: Ulama dan Umara Harus Berkumpul Bahas Syiah

FORKAMI: Ulama dan Umara Harus Berkumpul Bahas Syiah

Baca Juga

Berita Lainnya