Jum'at, 22 Oktober 2021 / 15 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

BNPT: Radikalisme Menurun Selama Pandemi Covid-19

BNPT Radikalisme Menurun muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri saat penetapan Ahok sebagai tersangka penistaan agama.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan tren radikalisme cenderung menurun di Tanah Air selama pandemi Covid-19. Fakta itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan BNPT bersama Alvara Research dan Nasarudin Umar Foundation.

“Tren potensi radikalisme di Indonesia menurun dari tahun 2017 sebesar 55,2 persen atau masuk dalam kategori sedang, tahun 2019 sebesar 38,4 persen kategori rendah dan menjadi 14 persen pada tahun 2020 yaitu kategori sangat rendah,” kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/03/2021).

“Hal itu menunjukkan bahwa selama masa pandemi Covid-19, tren potensi radikalisme cenderung menurun, mengalami penurunan,” sambungnya.

Boy menjelaskan pada tahun 2020, Global Terorism Index telah mengeluarkan hasil survei yang menemukan bahwa Indonesia ada pada peringkat 37 atau naik peringkat dari tahun sebelumnya. Menurutnya, posisi itu menjelaskan bahwa Indonesia berada pada ketegori medium negara yang terdampak terorisme.

“Pada tingkat regional di Asia Tenggara, Indonesia masih lebih aman dibandingkan dengan Filipina, Thailand dan Myanmar,” papar Boy.

Meski begitu, BNPT tetap meminta semua pihak untuk mewaspadai penyebaran paham radikalisme. Sebab secara global, terjadi pergeseran penyebaran paham radikalisme melalui media daring atau online.

“Hal ini juga diserukan PBB dengan menguatkan resolusi nomor 2.532 pada tanggal 1 Juli 2020 dalam rangka menjaga perdamaian dan keamanan internasional di masa pandemi yang isi seruannya adalah agar dilakukan segera gencatan senjata di daerah konflik di berbagai belahan dunia,” terangnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya pemberantasan terorisme internasional tetap dijalankan walaupun sedang menghadapi masa pandemi,” pungkasnya.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Aksi Super Damai 212, GIN Siap Bantu Dinas Kebersihan DKI

Aksi Super Damai 212, GIN Siap Bantu Dinas Kebersihan DKI

Dewan Da’wah dan Hidayatullah Kecam Festival Gay

Dewan Da’wah dan Hidayatullah Kecam Festival Gay

Pendidikan Islam Harus Lahirkan Pemimpin dan Pengusaha

Pendidikan Islam Harus Lahirkan Pemimpin dan Pengusaha

IRESS Tuntut Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Hentikan Reklamasi

IRESS Tuntut Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Hentikan Reklamasi

LIPI: Konsumen Produk Halal Meningkat

LIPI: Konsumen Produk Halal Meningkat

Baca Juga

Berita Lainnya