Kamis, 8 Juli 2021 / 28 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

HRS Bakal Hadapi Tiga Perkara Sekaligus, Sidang Perdana itu Digelar Hari ini

sidang-habib-rizieq
Bagikan:

Hidayatullah.comPengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), akan menggelar sidang perdana Habib Rizieq Shihab (HRS) hari ini, Selasa (16/03/2021). Adapun perkara yang menjerat HRS yakni, kerumunan di Petamburan, tes swab di RS Ummi Bogor dan kerumunan di Megamendung.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal menyebut perkara pertama terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat teregistrasi dengan Nomor Perkara: 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim.

Selain HRS ada lima terdakwa lainnya yang akan menjalani sidang perdana dalam perkara ini, yakni Haris Ubaidillah; Ahmad Sabri Lubis; Ali Alwi Alatas; Idrus Al-Habsyi; dan Maman Suryadi.

Perkara kedua yakni kasus tes swab di RS Ummi Bogor dengan Nomor Perkara: 224/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim. Ada dua terdakwa lain selain Habib Rizieq yang akan menjalani sidang perdana dalam perkara ini, yakni Dirut RS Ummi Bogor Andi Tatat dan Muhammad Hanif Alatas.

Perkara ketiga terkait kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat dengan Nomor Perkara: 226/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim. HRS merupakan satu-satunya terdakwa dalam perkara ini.

“Sidang pertama Habib Rizieq Shihab dkk, dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Alex saat dikonfirmasi Senin (15/03/2021) malam

Diketahui, HRS tidak dihadirkan secara langsung di PN Jaktim. Polri menyebut Habib Rizieq bakal menjalani sidang dari Rutan Bareskrim secara virtual.

“Ya tentunya bahwa sidang digelar secara virtual. Artinya MRS (Muhammad Rizieq Shihab) tetap berada di Bareskrim Polri untuk laksanakan sidang tersebut. Lebih baik siapa pun yang akan mengikuti sidang itu, ya laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku karena sidang virtual kegiatan-kegiatan akan dilakukan virtual juga,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (15/03/2021).

Masyarakat diimbau memahami jika HRS disidang secara virtual. Sehingga simpatisan eks imam besar FPI tersebut tidak perlu beramai-ramai mendatangi PN Jaktim.

“Jadi masyarakat agar mengikuti itu. MRS tetap ada di Bareskrim Polri. Kegiatan di PN Jaktim. Sekali lagi sidang secara virtual. Masyarakat harus pahami,” ujar Rusdi.

Meski demikian, pengamanan bakal tetap dikerahkan oleh Polri. Ratusan personel polisi akan dikerahkan untuk mengamankan persidangan HRS dan kawan-kawan di PN Jaktim hari ini.

“Walau demikian, Polri siapkan kekuatan pasukan untuk pengamanan di PN Jaktim. Ada sekitar 658 personel yang akan amankan kegiatan sidang MRS yang akan dimulai besok (hari ini),” tandas Rusdi.*

Baca juga: Jangan Zalimi Habib Rizieq

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Gus Sholah: Datang ke TPS, Niatkan Cari Pemimpin Baik

Gus Sholah: Datang ke TPS, Niatkan Cari Pemimpin Baik

Pemerintah: Idul Adha Jatuh pada Jumat 31 Juli

Pemerintah: Idul Adha Jatuh pada Jumat 31 Juli

270 Remaja Masjid Aceh Gelar Acara Awal Ramadhan

270 Remaja Masjid Aceh Gelar Acara Awal Ramadhan

Masjid Istiqlal Tiadakan Tarawih dan Kegiatan Berjamaah di Bulan Ramadhan

Masjid Istiqlal Tiadakan Tarawih dan Kegiatan Berjamaah di Bulan Ramadhan

Hidayatullah.com Raih 212 Award

Hidayatullah.com Raih 212 Award

Baca Juga

Berita Lainnya