Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Polisi Karachi Bentuk Unit Sepatu Roda untuk Tekan Kejahatan Jalanan

Bagikan:

Hidayatullah.com — Polisi di kota terbesar Pakistan, Karachi, membentuk unit sepatu roda bersenjata untuk menghentikan pencurian dan pelecehan di jalanan kota.

Dilansir Reuters pada Selasa (23/02/2021), unit beranggotakan 20 polisi ini telah menjalani pelatihan yang ketat.

“Kami merasa perlu menemukan pendekatan inovatif untuk mengendalikan kejahatan jalanan,” kata Farrukh Ali, kepala unit tersebut. Ia menjelaskan bahwa petugas polisi sepatu roda dapat lebih mudah mengejar pencuri dengan sepeda motor di kota berpenduduk 20 juta itu.

Ali mengakui bahwa polisi sepatu roda tidak dapat dikerahkan di banyak bagian Karachi karena kondisi jalan yang buruk dan jalan setapak yang tidak rata, tetapi mengatakan bahwa mereka akan dikirim ke tempat-tempat umum dengan insiden pencurian dan pelecehan yang lebih tinggi.

“Ini baru permulaan,” kata Aneela Aslam, seorang polisi perempuan di unit itu. “Sepatu roda ini akan sangat menguntungkan kami. Dengan pelatihan ini, kami dapat melewati gang-gang sempit yang sulit dilewati dengan cepat. ”

Masalah keamanan muncul ketika rekaman awal dari pelatihan unit Karachi menunjukkan petugas membawa senjata yang lebih berat, tetapi Ali mengatakan unit tersebut hanya akan membawa pistol, mengurangi risiko peluru yang meledak.

Unit polisi sepatu roda – yang mengikuti jejak unit serupa di Eropa dan tempat lain – diharapkan mulai diresmikan bulan depan, tetapi mereka baru-baru ini terlihat di luar tempat turnamen kriket Liga Super Pakistan.

Dan mereka sudah mulai berpatroli di tepi pantai Karachi yang ramai.

“Melihat mereka di sini dengan seragam bersih sejak pagi memberi kami rasa aman, karena bahkan di siang hari, penjambretan sering terjadi di sini,” kata pejalan kaki Muhammad Azeem.

Baca juga: Mahkamah Pakistan Perintahkan Pembangunan Kembali Kuil Hindu yang Dirusak Massa

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Gubernur NTT berencana Undang Paus Fransiskus

Gubernur NTT berencana Undang Paus Fransiskus

Presiden: Indonesia Harus Jadi Bangsa Rasional

Presiden: Indonesia Harus Jadi Bangsa Rasional

Jelang Ramadhan, Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

Jelang Ramadhan, Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

Jalal: Perbedaan Diharapkan jadi Rahmat

Jalal: Perbedaan Diharapkan jadi Rahmat

Rumah Sakit Perlu Terapkan Sistem Akuntansi Syariah

Rumah Sakit Perlu Terapkan Sistem Akuntansi Syariah

Baca Juga

Berita Lainnya