Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Bersilaturahim dengan Cak Nun, Sampaikan Ucapan Terima Kasih

abu bakar ba'asyir cak nun CakNun.Com
Ustadz Abu Bakar Ba’asyir bersilaturahim dengan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Senin (22/02/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Ustadz Abubakar Baasyir (ABB) terus melakukan silaturahim ke berbagai tokoh, termasuk dengan budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun).

Foto silaturahim antara ABB dengan Cak Nun itu beredar di media sosial diterima hidayatullah.com pada Senin (22/02/2021). Ada dua foto yang memperlihatkan pertemuan ABB dengan Cak Nun. Di situ Cak Nun antara lain tampak sedang serius menyimak sesuatu yang disampaikan ABB.

Berdasarkan informasi dihimpun, pertemuan itu berlangsung di Rumah Maiyah Kadipiro Yogyakarta pada Senin (22/02/2021). ABB datang beserta belasan orang rombongannya.

“Hari ini, Senin 22 Februari 2021, Ustadz Abu Bakar Ba’asyir beserta 11 orang rombongan bersilaturahmi kepada Cak Nun di Rumah Maiyah Kadipiro Yogyakarta,” dikutip dari Caknun.com.

Baca: Cak Nun Tidak Kaget Istilah “NU Cabang Nasrani’, Apa Maksudnya?

Disebutkan bahwa dalam pertemuan itu bahwa ABB menyampaikan terima kasihnya kepada Cak Nun.

“Selain bersilaturahmi, secara khusus Ustadz Abu Bakar Ba’asyir ingin menyampaikan terima kasih kepada Cak Nun karena pada saat beliau hendak menjalani vonis hukuman penjara, Cak Nun membesarkan hati para santri dan ummat beliau di Pondok Pesantren di Ngruki Solo,” tulis website itu.

Namun tidak ada keterangan lebih lanjut terkait pertemuan kedua tokoh tersebut.

Sebelumnya, Ustadz Abubakar Baasyir (ABB) melakukan kunjungan silaturahim ke sejumlah tokoh masyarakat dan pondok pesantren. Kunjungan itu dilakukan ABB setelah menikmati udara bebas sejak bulan Januari 2021 lalu. Silaturahim ini dilakukan dalam rangka terus menjalin dan menguatkan ukhuwah Islamiyah antar pondok pesantren dan tokoh agama Islam.

Dalam keterangan tertulis FKN diterima hidayatullah.com pada Sabtu (13/02/2021), ABB antara lain mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Kamis (11/02/2021).

Pada Kamis pukul 05.30 WIB, rombongan bertolak dari Ponpes Al Mukmin Ngruki menuju Pondok Darussalam Gontor, pondok yang didirikan sekitar tahun 1926 M alias sebelum Indonesia merdeka.

Baca: Jalin Ukhuwah, Ustadz ABB Kunjungi Pondok Gontor dan Pesantren Tebuireng

Tak hanya Pondok Pesantren Darussalam Gontor saja yang menjadi tujuan lawatan pada Kamis (11/02/2021) itu. ABB dan rombongan juga mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng. “(Ini) pondok yang lebih tua dari Pondok Gontor yang didirikan oleh tokoh NU penyeru Resolusi Jihad, KH Hasyim Asy’ari pada tahun 1899 M,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Abubakar bin Abud Baasyir alias Abubakar Baasyir bebas dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (08/01/2021). ABB sebelumnya ditahan atas tuduhan terkait “terorisme”.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Indonesia-Dubai Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Syariah

Indonesia-Dubai Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Syariah

Zaitun Rasmin Terpilih sebagai Ketua Umum secara Mufakat

Zaitun Rasmin Terpilih sebagai Ketua Umum secara Mufakat

Harga Telur Naik, Bamsoet Minta Komisi VI DPR Turun Tangan

Harga Telur Naik, Bamsoet Minta Komisi VI DPR Turun Tangan

Di Tengah Sorotan, Jajaran Polri Seharusnya Hindari Tindakan Berpotensi Kontroversial

Di Tengah Sorotan, Jajaran Polri Seharusnya Hindari Tindakan Berpotensi Kontroversial

Peradaban Harus Identik Ilmu dan Melahirkan Insan Beradab

Peradaban Harus Identik Ilmu dan Melahirkan Insan Beradab

Baca Juga

Berita Lainnya