Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Mendikbud: 27 Sekolah Rusak Dampak Gempa Sulbar, Kemdikbud Buka 2 Posko

SAR Hidayatullah
Tim SAR Gabungan di antara puing-puing bangunan yang runtuh setelah dilanda gempa berkekuatan magnitudo 6,2 di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/01/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com- Gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/01/2021) pekan lalu masih menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat di Indonesia. Hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menyebutkan sedikitnya 27 sekolah yang mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut.

Nadiem menyebut pihaknya sudah menurunkan tim untuk membantu berbagai sekolah serta tenaga pendidik dan murid yang terdampak gempa.

“Turut berduka atas bencana yang terjadi di beberapa daerah. Saya mendapat laporan setidaknya ada 27 sekolah yang rusak karena gempa di Sulawesi Barat. Kemendikbud sudah menurunkan tim,” kata Nadiem, Senin (18/01/2021).

Baca: 81 Orang Meninggal Akibat Gempa Sulbar, 1.150 Unit Rumah Rusak, Relawan Terus Bergerak

Nadiem mengaku saat ini Kemendikbud juga telah membuka Posko di dua lokasi, yakni Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUDDIKMAS) di Kabupaten Mamuju dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Kabupaten Majene.

“Salam hangat saya untuk tenaga pendidik dan murid di sana, semoga tetap semangat dalam situasi yang sulit dan kita dapat segera bangkit dari musibah ini,” ujar Nadiem.

Diketahui, tercatat kerusakan di 10 sekolah itu di antaranya ada Kabupaten Majene, dan 14 sekolah di Kabupaten Mamuju, serta 3 sekolah di Kabupaten Mamasa terdampak gempa. Sekolah tersebut mengalami kerusakan dengan kondisi rusak berat, sedang, dan ringan.

Baca: Kena Gempa, Dokter yang Selalu Menggratiskan Santri-Ustadz di Mamuju itu Telah Tiada bersama Kliniknya

Gempa dengan kekuatan M 6,2 itu telah menelan 81 korban jiwa untuk saat ini, yakni 70 orang di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene.

Hingga kini, BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI – Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi masyarakat terdampak.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Peumakmue Nanggroe Aceh Santuni 30-an Yatim Makmur Bireuen

Peumakmue Nanggroe Aceh Santuni 30-an Yatim Makmur Bireuen

Hidayatullah Batal Ganti Nama Jabatan Pemimpin Umum

Hidayatullah Batal Ganti Nama Jabatan Pemimpin Umum

Bangun Budaya Baca, Orangtua Didorong Bangun Perpustakaan Keluarga

Bangun Budaya Baca, Orangtua Didorong Bangun Perpustakaan Keluarga

Az Zaytun Akan Buka Hubungan dengan Israel?

Az Zaytun Akan Buka Hubungan dengan Israel?

Presiden Yudhoyono Berharap Konflik Libya Segera Berakhir

Presiden Yudhoyono Berharap Konflik Libya Segera Berakhir

Baca Juga

Berita Lainnya