Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

H4 Pencarian Sriwijaya Air, SAR Gabungan Temukan Ratusan Bagian Tubuh Manusia, Serpihan Besar dan Kecil Pesawat

SAR Hidayatullah/Hidayatullah.com
Personel SAR Hidayatullah (kanan) bersama personel Basarnas dalam operasi SAR Gabungan di sekitar Posko Utama Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 di terminal JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/01/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com- Hingga hari keempat operasi pencarian kecelakaan pesawat Sriwijaya Air, Tim SAR Gabungan terus menemukan banyak bagian tubuh manusia dan serpihan-serpihan pesawat. Baik serpihan kecil maupun serpihan besar. Hari ini Rabu (13/01/2021) memasuki hari kelima operasi SAR.

Dalam keterangan pers Basarnas diterima pada Rabu (13/01/2021) dinihari, disebutkan, data hingga Selasa tadi malam pukul 21.00 WIB, ada 2 potongan besar pesawat ditemukan. Penemuan itu merupakan hasil operasi SAR di hari keempat kemarin.

“SRU Udara menemukan beberapa debris/serpihan kecil badan pesawat di atas permukaan, dan ditindaklanjuti oleh SRU Laut,” sebut keterangan Basarnas di Jakarta.

“SRU Laut yang melakukan Pencarian di Permukaan dan Penyelaman menemukan: 65 kantong bagian tubuh/body part, 10 kantong bagian yang berisi serpihan kecil, 2 Potongan besar pesawat,” tambah Basarnas.

Sehingga, jelasnya, total penemuan sampai dengan Selasa (12/01/2021) pukul 21.00 WIB adalah sebagai berikut:

“Bagian tubuh/body part = 139 kantong, Serpihan kecil pesawat = 26 kantong, Potongan besar pesawat = 26.”

Basarnas menjelaskan, SRU Laut dengan pencarian di bawah Permukaan Air menggunakan Side Scan Sonar, Multy Beam Echo Sounder (MBES), Ping Locator dan ROV.

Adapun personil gabungan yang terlibat dalam operasi ini sebanyak 4.106 orang. Dengan rincian dari Basarnas 795 orang dan Potensi SAR 3.311 orang.

Adapun jumlah peralatan utama yang dilibatkan yaitu kapal sebanyak 54 unit dan RIB 18 unit; pesawat udara 7 unit; dan ambulans stand by 22 unit.

“Hasil temuan serpihan dan bagian pesawat di serahkan ke KNKT, body part/bagian tubuh diserahkan DVI untuk proses lebih lanjut,” sebut Basarnas.

Sementara itu, Tim SAR Hidayatullah yang juga terlibat dalam SAR Gabungan tersebut pada Selasa juga melakukan operasi pencarian di laut.

“Team SRU gabungan SAR Hidayatullah dan SD rescue dalam pencarian. Tim berangkat dari Pantai Tanjung Kait jam 13.55,” ujar Ka.Div Operasi SAR Hidayatullah Murdianto, Selasa kepada hidayatullah.com.

Tim yang dilibatkan dalam operasi di laut juga harus diseleksi terlebih dahulu sesuai kualifikasi setiap personel. “Sebelum aksi di perairan seluruh anggota wajib (dites) swab antigen,” jelasnya.

SAR Hidayatullah merupakan bagian dari Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah yang didukung oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Personel SAR Hidayatullah yang diterjunkan terdiri dari berbagai kualifikasi seperti water rescue, vertikal rescue, sea survival, dan sebagainya.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Rakernas Al Washliyah Bahas 8 Fatwa

Rakernas Al Washliyah Bahas 8 Fatwa

Gereja Tanggapi Usulan Khitan untuk Warga Papua

Gereja Tanggapi Usulan Khitan untuk Warga Papua

Hidayatullah.com Raih 212 Award

Hidayatullah.com Raih 212 Award

Kopertis: 89 Persen Lulusan SMA/SMK Papua Tak Lanjut ke PT

Kopertis: 89 Persen Lulusan SMA/SMK Papua Tak Lanjut ke PT

Anis Matta: Tebar Lebih Banyak Kurban, Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial

Anis Matta: Tebar Lebih Banyak Kurban, Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial

Baca Juga

Berita Lainnya