Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kemkumham Jabar: Abu Bakar Baasyir Akan Bebas Murni 8 Januari 2021

iim
Ustadz Abubakar Ba'asyir dirawat di rumah sakit, dalam foto dirilis 20 Oktober 2017.
Bagikan:

Hidayatullah.com  Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Ustadz Abu Bakar Baasyir (ABB) dikabarkan segera dibebaskan. Hal ini jika merujuk pada keterangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Kepala Kanwil Kemkumham Jabar, Imam Suyudi menyatakan narapidana kasus tindak pidana terorisme Abu Bakar Baasyir akan bebas murni pada Jumat (08/01/2021), dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Pembebasan itu dapat dipastikan telah sesuai prosedur.

“Beliau sudah menjalani pidana secara baik, dan mengikuti semua ketentuan dan prosedur, pelaksanaan pembinaan keamanan di lapas tingkat keamanan maksimum, LP Gunung Sindur, dan hari Jumat akan kami bebaskan,” kata Suyudi, di Bandung, Jawa Barat, Senin (04/01/2020).

Lebih jauh, Suyudi menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan LP Gunung Sindur. “Jadi tidak ada persyaratan khusus, kalau dia dibebaskan secara murni, kalau remisi itu hak, mereka tetap mendapatkan,” ujarnya.

Selain itu, Suyudi memastikan kondisi kesehatan Ustadz Abu cukup baik. “Saat ini beliau sehat dan segar, saya berharap beliau nanti tanggal delapan (Jumat) sehat dan kembali ke keluarga beliau,” terangnya.

Sebelumnya, Ustadz Abu pada 2011 silam disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan terkait “terorisme”.

Ustadz Abu telah menjalani vonis hukuman penjara 15 tahun dikurangi remisi sebanyak 55 bulan.

Kabar Ustadz Abu akan dibebaskan bukan kali ini saja. Tahun lalu sempat ramai kabar serupa. Sebagaimana sebelumnya diberitakan hidayatullah.com, Pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki Ustadz Abu Bakar Baasyir akan segera dibebaskan dari tahanan di LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“Sekarang proses surat-surat pembebasan,” ujar putra Ustadz Abu Bakar, Abdul Rochim Baasyir alias Iim, kepada hidayatullah.com, Jumat (18/01/2019) siang.

Iim menyatakan kesyukurannya kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas kabar akan dibebaskannya Ustadz Abu tersebut.

“Pada hari ini Jumat, 18 Januari 2019, kami Alhamdulillah mendapatkan berita gembira bahwasanya Ustadz Abu Bakar Baasyir insya Allah akan segera dibebaskan dan dalam waktu yang singkat ini keputusan pembebasan beliau sudah disetujui oleh Presiden melalui lobi dan upaya yang dilakukan Bang Yusril Ihza Mahendra. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala membalas segala upaya dan jerih payah yang dilakukan oleh seluruh yang terlibat dalam pembebasan ini. Dan semoga Allah Subhanahu Wata’ala meridhai kita semuanya,” ujarnya juga.

Iim berharap agar proses pembebasan Ustadz Abu berlangsung lancar, tak ada pembatalan. “Semoga tidak ada halangan,” harapnya.

“Abi bebas insya Allah beberapa hari ke depan, semoga tidak ada pembatalan. Lagi…,” ujarnya saat itu. Namun ternyata Ustadz Abu tak kunjung dibebaskan hingga saat ini.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kapolda Jateng: “Pesantren Tak  Perlu Diawasi”

Kapolda Jateng: “Pesantren Tak Perlu Diawasi”

Elemen Umat Bahas Upaya Kebangkitan Peradaban Aceh

Elemen Umat Bahas Upaya Kebangkitan Peradaban Aceh

MUI Imbau Menag Yaqut Berhati-hati soal Afirmasi Syiah dan Ahmadiyah

MUI Imbau Menag Yaqut Berhati-hati soal Afirmasi Syiah dan Ahmadiyah

Habib Selon: Ahok Jadi Ketua RT pun Kita Tolak

Habib Selon: Ahok Jadi Ketua RT pun Kita Tolak

DPR Berharap Kunjungan Raja Arab Saudi Tingkatkan Perekonomian Indonesia

DPR Berharap Kunjungan Raja Arab Saudi Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya