Selasa, 6 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Menag Yaqut: Kemenag untuk Semua Agama

Dok. Kemenag
Menag Yaqut Cholil Qoumas (tengah), mantan Menag Fachrul Razi (kiri), dan Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi pada acara serah terima jabatan Menteri Agama di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (23/12/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Menteri Agama yang baru-baru ditunjuk Presiden Joko Widodo, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut mengaku mengikuti Presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Hal ini Yaqut akui dalam sambutannya pada acara serah terima jabatan dari Menteri Agama sebelumnya, Fachrul Razi ke Menag Yaqut di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Yang dia maksud adalah mengikuti Gus Dur dalam hal keturunan biologis. Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor itu bercerita bahwa Gus Dur punya empat anak semua perempuan. Sementara Yaqut juga mengakui bahwa ia punya empat anak semua perempuan.

“Saya di rumah paling ganteng, Pak, anak saya empat perempuan semua. Jadi, saya sih ngikutin Gus Dur sampai anak-anaknya. Gus Dur itu anaknya empat perempuan semua, saya ikutin sampai anaknya perempuan semua,” ujar Menag Yaqut lantas tertawa kecil setelah memperkenalkan istrinya yang turut hadir dalam acara yang diliput media secara online tersebut.

Baca: Konferensi Waligereja Indonesia Berharap Penunjukan Menag Yaqut Bawa Umat Beragama Makin Rukun

Ternyata, dalam sambutannya kemudian, Gus Yaqut bukan hanya mengikuti Gus Dur dalam hal berketurunan. Panglima Tertinggi Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) ini juga tampaknya mengikuti Gus Dur dalam hal pemikiran terkait Kementerian Agama.

“Saya ingat, Bapak-Ibu sekalian, mungkin waktu Pak Lukman Hakim Saifuddin (mantan Menag, red) saya dengar dulu ketika masuk ke Kementerian ini pertama dia menceritakan bagaimana Gus Dur berseloroh soal Kementerian Agama.

Ini populer sekali, saya kira semua yang ada di sini pernah dengar itu. Gus Dur mengatakan, yang diulang oleh Pak Lukman Hakim, “Kementerian Agama itu seperti pasar, semua ada kecuali agama,” itu kata Gus Dur.

Ini waktunya, Bapak-Ibu sekalian, kita membuktikan bahwa Kementerian Agama ini bukan hanya Kementerian Agama titik tetapi Kementerian semua Agama. Sehingga yang disebut pasar oleh Gus Dur, ya ini. Pasar agama-agama ini ada di Kementerian Agama. Tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi, semua agama ada di Kementerian ini. Kita tujukan kepada publik.

Baca: Jokowi Tunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Gantikan Fachrul Razi

Saya katakan kemarin di Istana Negara dan tadi juga saya sampaikan kepada Bapak Presiden (bahwa) saya hanya ingin menjadikan melalui ya melalui Kementerian Agama ini saya ingin menjadikan agama ini sebagai inspirasi, bukan aspirasi. Itu kalau di break down, akan luar biasa,” kata Gus Yaqut.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi beserta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Rawan Fitnah, Orangtua Diimbau Masukkan Anaknya ke Pesantren

Rawan Fitnah, Orangtua Diimbau Masukkan Anaknya ke Pesantren

PKS: Ada Persepsi Oposisi akan Selalu Berurusan dengan Kriminalisasi

PKS: Ada Persepsi Oposisi akan Selalu Berurusan dengan Kriminalisasi

Mulai 2018, MA Percepat Penyelesaian Banyak Perkara

Mulai 2018, MA Percepat Penyelesaian Banyak Perkara

Din Syamsuddin Minta Pengguna Akun FB Palsu Atas Namanya Ditutup

Din Syamsuddin Minta Pengguna Akun FB Palsu Atas Namanya Ditutup

Din: Penegakan Hukum di Indonesia Sebatas Retorika

Din: Penegakan Hukum di Indonesia Sebatas Retorika

Baca Juga

Berita Lainnya