Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

YouTube Batasi Kanal Front TV, Blokir Video Dialog 212

Youtube Front TV
Bagikan:

Hidayatullah.com– Kanal Youtube milik Front Pembela Islam (FPI), FRONT TV, telah mengalami pembatasan oleh pihak Youtube. Menurut Manajemen Front TV, pembatasan itu dilakukan atas permintaan pemerintah.

“Sahabat Muslim Front TV, dengan ini kami menginformasikan bahwa channel YouTube Front TV (bit.ly/Front_TV) mulai Rabu, 16 Desember 2020 tidak dapat diakses di Indonesia (penayangan dibatasi di Indonesia) atas permintaan dari pemerintah ke YouTube. Tetapi, sahabat Muslim Front TV masih dapat mengakses channel kami dengan cara mengaktifkan VPN,” keterangan Manajemen Front TV diterima hidayatullah.com, Rabu (16/12/2020) malam.

Manajemen menyatakan bahwa pihaknya sedang berusaha mengkonfirmasi ke pihak YouTube alasan mengapa kanal YouTube Front TV dibatasi aksesnya di Indonesia.

“Seperti diketahui Sahabat Muslim, bahwa channel YouTube Front TV selama ini memperjuangkan dan menyerukan kalimatul haq di bawah komando IB HRS,” bunyi keterangan itu.

Pihak kru Front TVmemohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan para pemirsa Front TVatas ketidaknyamanan yang terjadi akibat pembatasan tersebut.

“Mohon doa dan dukungannya agar kami semua tetap bisa memperjuangkan dan menyuarakan kebenaran di bidang media,” pungkas keterangan Manajemen.

Sementara itu, dalam tangkapan layar diterima media ini, tampak diduga penjelasan YouTube kepada pihak Front TV terkait pembatasan tersebut.

Dalam penjelasan itu, disebutkan bahwa pihak YouTube memblokir video yang menayangkan acara “Reuni 212” virtual, yaitu Dialog Nasional 100 Ulama dan Tokoh Bersama Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang berlangsung pada 2 Desember 2020.

Berikut penjelasan lengkap YouTube sesuai tangkapan layar yang beredar di media sosial itu ditulis ulang hidayatullah.com:

FRONT TV yang terhormat:

Mengenai akun Anda: FRONT TV

Kami telah menerima keluhan hukum dari entitas pemerintah terkait video Anda. Setelah melakukan peninjauan, kami memblokir penayangan video berikut di situs YouTube di negara yang tercantum di bawah ini:

? [LIVE EVENT] DIALOG NASIONAL 100 ULAMA & TOKOH BERSAMA IMAM BESAR AL HABIB MUHAMMAD RIZIEQ SYIHAB: http:/www.youtube.com/watch?v=wnkPOw7EGZQ – untuk melaporkan kesalahan kirimkan formulir ini

Penayangan konten berikut telah diblokir di situs YouTube negara ini:

Indonesia

Jika Anda yakin bahwa video Anda tidak seharusnya dibatasi, Anda dapat memberi tahu kami dalam waktu 30 hari sejak pemberitahuan ini. Anda hanya dapat mengirimkan formulir satu kali per url video.

YouTube akan menghapus konten jika diperlukan untuk mematuhi hukum setempat. Harap baca artikel di pusat bantuan kami mengenai keluhan hukum.

Hormat kami,
Tim YouTube.

Saat hidayatullah.com mencoba mengakses tautan video “Dialog 212” tersebut, http:/www.youtube.com/watch?v=wnkPOw7EGZQ, videonya sudah tidak ada meskipun tautan tersebut tetap ada, pantauan pada Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 22.44 WIB.

“Video unavailable. This content is not available on this country domain due to a legal complaint from the government (Video tidak tersedia. Konten ini tidak tersedia di domain negara ini karena ada keluhan hukum dari pemerintah, red),” keterangan pada tampilan tayangan tersebut dengan gambar latar belakang hitam polos. Video tersebut sebelumnya telah ditonton sebanyak 301.569 kali, dengan jumlah tanda suka (like) sebanyak 36.000.

Begitu pula, saat awak media ini mencoba mengakses kanal YouTube Front TV pada tautan https://www.youtube.com/channel/UCauCWlgAvzce5-NfDtk-dfg atau bit.ly/Front_TV, juga tidak tampak isi kanal tersebut. Tampilannya hanya bidang putih polos dengan garis merah, disertai tulisan “This channel is not available in your country (Saluran ini tidak tersedia di negara Anda, red)”.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Usulkan Pengadilan Internasional untuk Hentikan Kejahatan Israel

MUI Usulkan Pengadilan Internasional untuk Hentikan Kejahatan Israel

FUI Kota Bekasi Nilai IMB Gereja St.Stanislaus Kranggan Cacat Hukum

FUI Kota Bekasi Nilai IMB Gereja St.Stanislaus Kranggan Cacat Hukum

“Infrastruktur Sudah Dibangun, tapi Pertumbuhan Ekonomi Papua Menurun”

“Infrastruktur Sudah Dibangun, tapi Pertumbuhan Ekonomi Papua Menurun”

Pengamat: Koalisi Partai Islam Terwujud jika ada Tokoh Pemersatu

Pengamat: Koalisi Partai Islam Terwujud jika ada Tokoh Pemersatu

Negara-negara OKI Harus Cegah Meluasnya Islamofobia

Negara-negara OKI Harus Cegah Meluasnya Islamofobia

Baca Juga

Berita Lainnya