Selasa, 2 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Nasional

15 Organisasi Pemuda Islam Minta Presiden Bertanggung Jawab Atas Meninggalnya 6 Anggota FPI

Kominfo.go.id
[Ilustrasi] Muktamar Pemuda Islam di Jakarta, April 2019.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sebanyak 15 organisasi pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam, meminta Presiden Joko Widodo agar bertanggung jawab atas meninggalnya 6 orang Muslim anggota Front Pembela Islam yang ditembak aparat Polri.

“Meminta Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penegakan hukum dan HAM untuk mengambil alih penuntasan masalah ini yang menyebabkan kematian 6 orang tersebut sebagai bentuk komitmen terhadap perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga,” bunyi pernyataan bersama 15 organisasi tersebut di Jakarta kemarin diterima wartawan pada Jumat (11/12/2020).

Baca: Polisi Tersangkakan Habib Rizieq, MUI Tuntut Keadilan dan Penegakan Hukum untuk Semua

Kelima belas organisasi kepemudaan (OKP) Islam itu menyayangkan tindakan berlebihan dan diduga menyalahi prosedur (extra judicial killing) oleh aparat kepolisian dalam peristiwa tersebut yang dinilai melanggar hukum dan HAM.

Mereka menyatakan, insiden penembakan anggota FPI tersebut mengoyak rasa kemanusiaan dan kebangsaan dan menjadi ekses negatif bagi penegakan hukum dan HAM di di Indonesia, apalagi bertepatan dengan peringatan Hari HAM se-Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020.

“Meminta Presiden secepatnya membentuk Tim Independen Pencari Fakta untuk mengungkap fakta dan memastikan penegakan hukum yang adil, transparan, independen yang sesuai dengan aturan perundang-undangan agar tidak menimbulkan gejolak sosial yang semakin luas di tengah masyarakat,” ujar mereka.

15 OKP Islam itu menyatakan akan mengawal proses penegakan hukum terhadap kasus ini dan mengkonsolidasikannya.

“(Kami) turut berduka dan berbelasungkawa yang sangat mendalam atas wafatnya 6 orang anak bangsa dalam peristiwa tersebut,” ujar mereka.

Baca:  Badan Musyawarah Ormas Wanita Desak TGPF Independen Penembakan Anggota FPI

Kelima belas OKP tersebut, sesuai urutan pada siaran pers mereka diterima hidayatullah.com, yaitu: Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA), Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO), Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI), dan Himpunan Mahasiswa Persis (HIMA Persis).

Kemudian, Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI), Pemuda Muslim Indonesia, Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Pemuda DDII), Pemuda Persatuan Umat Islam (Pemuda PUI), Pemuda Hidayatullah, Barisan Muda Al Ittihadiyah, Pemuda Al Irsyad, dan Pemuda Persis.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Bersama 55 Anggota Komisi Fatwa, MUI Putuskan Gafatar Sesat

Bersama 55 Anggota Komisi Fatwa, MUI Putuskan Gafatar Sesat

Amerika Serikat dan Iran Mulai Jajaki Kerja Sama Energi

Amerika Serikat dan Iran Mulai Jajaki Kerja Sama Energi

LAPAN: Hilal Kemungkinan Tak Terlihat

LAPAN: Hilal Kemungkinan Tak Terlihat

Buku Doa Menyesatkan Beredar di Parepare

Buku Doa Menyesatkan Beredar di Parepare

Konferensi Internasional Islam Hasilkan 9 Rekomendasi

Konferensi Internasional Islam Hasilkan 9 Rekomendasi

Baca Juga

Berita Lainnya