Rabu, 20 Januari 2021 / 6 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Sebut Indonesia Negara Paling Dermawan, Helmy Yahya Dorong Literasi Wakaf Kreatif Sasar Milenial

Tribunnews
Helmy Yahya
Bagikan:

Hidayatullah.com– Aksi Wakaf Fest kembali digelar Baitul Wakaf untuk yang ketiga kalinya. Kali ini mengangkat tema “Wakaf harus Asyik” sebagai upaya untuk terus meningkatkan pengetahuan dan literasi wakaf di Indonesia dengan pendekatan yang menyasar segmen muda.

Rendahnya literasi wakaf pada saat ini menjadi persoalan, seperti yang telah dirilis sebelumnya Indeks Literasi Wakaf di Indonesia dengan skor 50,48 masuk dalam kategori rendah dibandingkan dengan zakat dengan nilai moderat. Namun, semangat literasi juga semakin tumbuh dan berkembang meski kondisi masih di tengah pandemi.

Sehingga, diperlukan terobosan dan pendekatan komunikasi yang tepat dan kreatif dalam membangun kreatifitas dalam komunikasi wakaf ke depan.

Salah satu sosok yang dikenal sebagai begawan kreatifitas Indonesia adalah Helmy Yahya, selain juga dikenal sebagai bussines dan communication coach yang telah menyabet berbagai award dan rekor MURI.

Pada Aksi Wakaf Fest untuk yang ketiga kalinya di tahun 2020 yang digelar secara virtual, Helmy Yahya menyebutkan Indonesia bahwa merupakan negara yang paling dermawan di dunia dan wakaf perlu disosialisakan.

“Diperlukan kreatifitas out of the box masuk dalam berbagai kegiatan dalam sosialisasi untuk menjangkau anak millenials, karena mereka memiliki potensi besar dan punya kepedulian yang luar biasa,” ujar Helmy (26/11/2020).

Berdasarkan pengalamannya, menurut Helmy, untuk menjangkau kalangan millenial misalnya dengan menggunakan bahasa yang sesuai. Seperti halnya ketika mendapat tantangan bagaimana TVRI agar masuk dalam segmen millenial dan ditonton kembali, maka diperlukan kreatifitas.

“Contoh transformasi TVRI yang saya lakukan bukan hanya mengganti logo dan seragam, namun juga program program yang disukai millenial. Maka, potensi wakaf ini bagaimana kita melakukan literasi kepada anak muda dengan cara dan media yang disenangi anak muda,” paparnya lagi.

Helmy mengajak untuk menggiatkan wakaf kepada anak muda dengan pendekatan praktis, user friendly, dan tidak mau repot, serta dikampanyekan dengan cara yang dipahami anak-anak muda.

Pada Aksi Wakaf Fest 2020 edisi November yang dipandu Gaib M Sigit ini tutur hadir Dr. Imam Teguh Saptono selaku Wakil Badan Wakaf Indonesia dan Rama Wijaya selaku Direktur Baitul Wakaf. Acara ini digelar atas kerja sama Baitul Wakaf dan LKS PWU CIMB Niaga Syariah dalam program litrasi dan sosialisasi wakaf 2020.*  (SKR)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Pakar: Ada Pihak Tertentu ‘Menjebol UU Perkawinan’ untuk Melegitimasi Perkawinan Sejenis

Pakar: Ada Pihak Tertentu ‘Menjebol UU Perkawinan’ untuk Melegitimasi Perkawinan Sejenis

Mabes Polri Diminta Manusiawi terhadap Abu Bakar Baasyir

Mabes Polri Diminta Manusiawi terhadap Abu Bakar Baasyir

Polri Mengaku Terus Perangi Situs Penyebar Radikalisme

Polri Mengaku Terus Perangi Situs Penyebar Radikalisme

Dinas Pangan Ungkap Makanan Kemasan Impor Ilegal di Babel

Dinas Pangan Ungkap Makanan Kemasan Impor Ilegal di Babel

KPAI Nilai Draft Permen Game Online Langgar UU Perlindungan Anak

KPAI Nilai Draft Permen Game Online Langgar UU Perlindungan Anak

Baca Juga

Berita Lainnya