Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Gubernur Anies Apresiasi MUI: Menegakkan Protokol Kesehatan dengan Baik

Youtube Wapres RI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pembukaan Munas X MUI di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/11/2020) malam.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) atas kiprah lembaga keagamaan tersebut selama ini. Secara khusus, Anies mengapresiasi MUI dalam upaya turut menanggulangi pandemi Covid-19.

Apresiasi itu disampaikan Anies dalam sambutannya saat menghadiri secara luring acara pembukaan Musyawarah Nasional X MUI di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/11/2020) malam.

“Di tempat ini, Alhamdulillah, saya ingin sampaikan secara khusus apresiasi kepada MUI dan panitia Munas yang telah menegakkan protokol kesehatan dengan abaik,” ujar Anies yang tampil mengenakan batik, berpeci hitam, bermasker, serta menggunakan face shield (pelindung wajah) di atas podium, lantas disambut tepuk tangan hadirin.

Baca: Presiden Buka Munas X MUI, Menag Sampaikan Ucapan Selamat

Anies menambahkan bahwa menurut ketentuan yang ada, kapasitas ruang acara dibatasi penggunaannya hanya 50 persen dari kapasitas normal. “Dan sekarang (di ruang acara itu) hanya digunakan 20 persen kapasitas,” ujar Anies lagi-lagi disambut apresiasi hadirin. “Ini menunjukkan kehati-hatian dan keseriusan,” tambahnya.

Sebab, lanjut Anies, berbagai pihak berbagi tugas dalam menghadapi pandemi. Selaku pemerintah, pihaknya harus melakukan 3T yaitu Testing, Tracing, serta isolasi dan Treatment. “Tapi di sisi masyarakat terus melakukan 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak,” ujarnya.

Menurut Anies, yang paling menantang adalah menjaga jarak. “Karena itulah pertemuan-pertemuan yang sifatnya duduk, menjadi memungkinkan untuk diselenggarakan dengan mengikuti protokol 3M,” ujarnya.

Anies pun berharap para Ketua MUI di seluruh Indonesia yang ikut mengalami kedisiplinan tersebut, agar ikut membantu menggaungkan kepada umat ke seluruh wilayah bahwa protokol kesehatan bisa ditegakkan dan acara bisa berlangsung dengan baik. “Dan MUI bisa menjadi contoh untuk itu,” imbuhnya.

Anies juga berharap Munas X MUI bisa berjalan dengan lancar, menjadi musyawarah yang mensolidkan MUI, yang nantinya kepengurusan baru bisa melanjutkan dan mengembangkan apa yang telah dilakukan kepengurusan sebelumnya.

“Dan di masa pandemi seperti ini insya Allah kita akan bisa merujuk kepada MUI untuk mengeluarkan kepada kita tuntunan dalam menghadapi pandemi,” imbuhnya.

Baca: Prof Din: MUI Harus Mengukuhkan Posisi sebagai Mitra Kritis Pemerintah

Tak lupa Anies menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Munas X MUI di Jakarta. Mantan Mendikbud ini berterima kasih kepada MUI yang telah memilih DKI Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan munas tersebut.

“Terima kasih karena tetap memilih Jakarta untuk menjadi tuan rumah Munas X ini,” ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Acara pembukaan Munas X MUI oleh Presiden Joko Widodo itu turut dihadiri secara luring oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Didin Hafidhuddin, para pengurus MUI, dan para tamu undangan. Acara pembukaan Munas tersebut dan disiarkan live streaming melalui Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Ustadz Zulkifli: Saya Mengajak Umat Lindungi Indonesia

Ustadz Zulkifli: Saya Mengajak Umat Lindungi Indonesia

Panci Teflon pun Disertifikasi Halal, Kenapa?

Panci Teflon pun Disertifikasi Halal, Kenapa?

Upaya Konkret Pasca Aksi Bela Palestina

Upaya Konkret Pasca Aksi Bela Palestina

Psikolog Forensik: Lelang Keperawanan Mengoyak Prinsip Integritas Tubuh

Psikolog Forensik: Lelang Keperawanan Mengoyak Prinsip Integritas Tubuh

NU Siap Pasang Badan Penutupan Dolly

NU Siap Pasang Badan Penutupan Dolly

Baca Juga

Berita Lainnya