Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Gontor Resmi Lantik Pimpinan Baru PMDG: KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, KH Amal Fathullah Zarkasyi

Gontor.ac.id
Trimurti Pimpinan baru Pondok Modern Darussalam Gontor (kiri ke kanan): Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA; KH. Hasan Abdullah Sahal, dan Drs. KH. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed. resmi dilantik, Jumat (23/10/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com- Setelah kepergian dua dari Trimurti Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), yaitu KH. Syamsul Hadi Abdan dan Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi beberapa waktu lalu, Pimpinan PMDG otomatis tinggal KH. Hasan Abdullah Sahal.

Kini, PMDG kembali dipimpin oleh Trimurti Pimpinan baru yaitu KH. Hasan Abdullah Sahal, Drs. KH. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed., dan Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A untuk periode 1442-1447/2020-2025. Kepemimpinan ketiganya resmi diumumkan pada hari ini di Masjid Jami’ PMDG, Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, setelah shalat Jumat (23/10/2020).

Berdasarkan informasi dihimpun hidayatullah.com, Trimurti Pimpinan Baru Gontor dilantik setelah diputuskan berdasarkan hasil sidang luar biasa Badan Wakaf PMDG, Kamis (22/10/2020) kemarin. Sidang ini dihadiri 12 anggota Badan Wakaf PMDG, dengan keterangan 8 orang hadir secara fisik dan 4 orang hadir secara virtual.

“Patah tumbuh hilang berganti. Untuk itulah, maka… setelah kita kehilangan pas bulan Ramadhan KH. Syamsul Hadi Abdan dan kemarin kita kehilangan Ustadz KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkaysi, maka tadi malam lembaga tertinggi pondok kita, yaitu Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor telah bersidang (membuat keputusan tersebut, red),” ujar anggota Badan Wakaf, KH Abdullah Said Baharmus Lc, sebagaimana video diunggah kanal resmi Gontor di Youtube.

Baca: Innalillah… Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Pengumuman itu disampaikan setelah shalat Jumat yang diimami oleh Kiai Hasan Abdullah Sahal. Dalam membuka pembacaan tersebut, Kiai Abdullah Said Baharmus kembali mengingatkan pentingnya mempertahankan estafet perjuangan para Trimurti Pendiri PMDG.

“Pimpinan boleh meninggal, tapi pondok harus tetap hidup,” ujarnya kutip website resmi Gontor.

Kiai Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya menyatakan, walaupun Pondok Gontor sedang berkabung, namun tidak boleh terus berkepanjangan dalam kesedihan.

“Saya ingatkan kembali; setiap kita ditinggalkan oleh seseorang dari kerabat kita, kita boleh menangis, tapi tidak boleh menangisi, apalagi menangiskan,” ujarnya menegaskan.

Kiai Hasan pun mengingatkan kembali salah satu falsafah pondok yang seperti kereta api; bahwa kereta harus tetap berjalan, siapapun masinisnya, dengan tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai, panca jiwa, dan panca jangka PMDG.

Baca: Profil KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Trimurti Pimpinan PMDG ini disaksikan seluruh jamaah shalat Jumat di Masjid Jami’ PMDG; mulai dari dewan guru KMI hingga para santri. Hadir pula Prof Din Syamsuddin yang menyempatkan diri berangkat ke PMDG di sela-sela kesibukannya.

Pondok Gontor, demikian dikenal, didirikan oleh tiga bersaudara, yaitu KH. Ahmad Sahal (1901-1977), KH. Zainuddin Fanani (1908-1967), KH. Imam Zarkasyi (1910-1985), pada tanggal 20 September 1926 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1345 H, dalam peringatan Maulid Nabi.

Sebelum kepemimpinan yang baru dilantik pada Jumat (23/10/2020) ini, PMDG dipimpin oleh Trimurti Pimpinan yaitu KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal, dan KH. Syamsul Hadi Abdan. Kiai Syukri Zarkasyi berpulang ke Rahmatullah di kediamannya di Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (21/10/2020). Almarhum wafat pada usia 78 tahun. Sedangkan Kiai Syamsul wafat pada Senin (18/05/2020) lalu di RSUP Soedono Madiun, Jatim.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Mengawal Pencoblosan dengan Takbir dan Tahlil

Mengawal Pencoblosan dengan Takbir dan Tahlil

Sisi Lain Fatwa ‘Haram’ Presiden Wanita

Sisi Lain Fatwa ‘Haram’ Presiden Wanita

Pemerintah Akan Evakuasi TKI di Kandara

Pemerintah Akan Evakuasi TKI di Kandara

Pangeran Khalid dari Arab Saudi akan ke Indonesia

Pangeran Khalid dari Arab Saudi akan ke Indonesia

Qadhafi Kirim Surat untuk Obama

Qadhafi Kirim Surat untuk Obama

Baca Juga

Berita Lainnya