Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Genap Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, KSP Rilis Laporan Tahunan

Humas Setneg
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kantor Staf Kepresidenan (KSP) baru-baru ini mengeluarkan laporan tahunan, sebagai pertanda satu tahun pertama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang jatuh pada Selasa (20/10/2020). Laporan itu bertujuan untuk memperlihatkan capaian program pemerintah sesuai dengan visi-misi yang dijanjikan selama periode kampanye.

“Laporan ini memberikan kesempatan seluruh pemangku kepentingan yang ingin mendapatkan perspektif lebih utuh tentang program-program pemerintah yang berasal dari visi-misi Presiden. Sehingga menjadi bagian dari rencana pembangunan nasional dan diimplementasikan oleh semua Kementerian dan Lembaga,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko seperti dikutip melalui laman KSP.go.id, Selasa (20/10/2020).

Selain itu dalam laporan ini tentu juga bertujuan untuk memberikan sarana evaluasi tahunan. Serta memberikan perspektif perbandingan tentang apa yang telah tercapai dan apa yang harus dilakukan pemerintah pada tahun berikutnya.

Kemudian dalam laman tersebut dijelaskan selama setahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, kondisi pandemi Covid-19 sangat memengaruhi program kerja pemerintah terutama dalam pertumbuhan ekonomi. Tetapi pemerintah tetap berusaha untuk menetapi janji.

“Presiden tetap memegang visi mewujudkan lima arahan strategis menuju masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Refocusing dan realokasi anggaran memprioritaskan program dan penanganan di bidang kesehatan, pemulihan sosial dan ekonomi, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta koperasi,”terangnya.

Hal lain, Moeldoko lantas menyampaikan jika Jokowi tidak pernah mengabaikan janji. Walaupun laju pertumbuhan ekonomi terhenti, namun, kata Moeldoko, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap mewujudkan lima arahan strategis untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, adil dan makmur.

“Presiden tidak pernah mengabaikan janjinya. Presiden tetap memegang visi mewujudkan lima arahan strategis menuju masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur, yang terdiri dari: 1. Pembangunan Sumber Daya Manusia;2. Pembangunan Infrastruktur; 3. Penyederhanaan Regulasi; 4. Penyederhanaan Birokrasi; dan 5. Transformasi Ekonomi,” ungkap Moeldoko.

Diketahui, hari ini pemerintahan Jokowi-Ma’ruf genap berusia satu tahun pada Selasa (20/10/2020). Keduanya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden setelah bersaing melawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 lalu.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Menag Apresiasi Guru Madrasah Berperan Besar Menjaga NKRI

Menag Apresiasi Guru Madrasah Berperan Besar Menjaga NKRI

Sambangi MUI, Habib Rizieq Tegaskan tak Ada Makar pada Aksi Bela Islam III

Sambangi MUI, Habib Rizieq Tegaskan tak Ada Makar pada Aksi Bela Islam III

Ingin Jadi Operator, Komisi VIII DPR Berharap Kemenag Komunikatif

Ingin Jadi Operator, Komisi VIII DPR Berharap Kemenag Komunikatif

MUI Jatim Memenangi Gugatan terkait Fatwa tentang Syiah

MUI Jatim Memenangi Gugatan terkait Fatwa tentang Syiah

Sewa Pondokan Naik Tajam, Menag Protes Arab Saudi

Sewa Pondokan Naik Tajam, Menag Protes Arab Saudi

Baca Juga

Berita Lainnya