Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tokoh KAMI Ditangkap Polisi, ProDEM: Bebaskan Semua Aktivis

Iwan Sumule
Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule mengaku kaget mendengar kabar Sekretaris Komite Kerja KAMI Syahganda Nainggolan ditangkap polisi, Selasa (13/10). Terlebih penangkapan itu dilakukan pada pagi hari, sekitar pukul 04.00

“Saya sangat terkejut mendengar kabar bahwa subuh tadi sekitar jam 04.00-an telah terjadi penangkapan terhadap Bung Syahganda Nainggolan,” kata Iwan Sumule seperti dikutip FajarID, Selasa (13/10/2020).

ProDEM kata Iwan menyampaikan kepada aparat kepolisian agar membebaskan seluruh aktivis. Terutama mereka yang bersuara kritis kepada penguasa. Sebab, pembungkaman semacam ini tidak lain mirip dengan gaya Orde Baru, yang cenderung diktaktor dan anti kritis.

“ProDEM meminta pihak kepolisian agar membebaskan seluruh aktivis dan menghentikan penangkapan-penangkapan terhadap aktivis karena bersuara kritis kepada penguasa,” tutupnya.

Dalam surat penangkapan Syahganda yang beredar luas di media, Ia diduga menyebarkan berita bohong dan menciptakan keonaran di tengah masyarakat terkait cuitannya di media sosial Twitter.

Adapun, rekannya di KAMI, Ahmad Yani menduga Syahganda ditangkap lantaran melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena petugas yang menjemput mengaku berasal dari Direktorat Tindak Pidana Siber, Bareskrim, Mabes Polri. Kendati demikian, Yani belum mendapatkan informasi alasan polisi menangkap Syahganda.

“Kami belum tahu sangkaannya, tapi kemungkinannya UU ITE karena yang nangkap itu Siber. Bareskrim Siber,” ujar Ahmad Yani* Azim Arrasyid

Rep: Admin Hidcom
Editor: Rofi' Munawwar

Bagikan:

Berita Terkait

Muslim di Indonesia Siap Kirim Relawan ke Suriah

Muslim di Indonesia Siap Kirim Relawan ke Suriah

Kak Sinyo: Indonesia Dianggap Darurat Pedofilia

Kak Sinyo: Indonesia Dianggap Darurat Pedofilia

DPRD Prihatin Masih Ada Sekolah Yang Rubuh Di Jakarta

DPRD Prihatin Masih Ada Sekolah Yang Rubuh Di Jakarta

KPI Banjir Dukungan Untuk Konsisten  Melarang Tayangan Karakter Banci

KPI Banjir Dukungan Untuk Konsisten Melarang Tayangan Karakter Banci

Harus Ada Sanki yang Mengatur Perzinahan Di Luar Nikah

Harus Ada Sanki yang Mengatur Perzinahan Di Luar Nikah

Baca Juga

Berita Lainnya