Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Anwar Abbas Sarankan Presiden Terbitkan Perppu, Agar Masyarakat Bisa Kembali Hidup Aman, Tenang dan Damai

Azim Arrasyid/hidayatullah.com
Sekjen MUI Anwar Abbas
Bagikan:

Hidayatullah.comSekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Anwar Abbas angkat bicara terkait banyaknya mahasiswa dan buruh turun ke jalan melakukan demo, bahkan kata Anwar di beberapa tempat telah memantik terjadinya kerusuhan. Hal ini lanjutnya, tentu saja tidak kita inginkan karena jelas akan sangat merugikan kita semua sebagai bangsa dari sisi manapun kita melihatnya.

Pria yang akrab di sapa Buya Anwar ini mengatakan kalau sampai demo ini berlarut-larut dan memantik kerusuhan dimana-mana. Artinya perlu dicari solusinya. “Mari kita cari apa yang menjadi penyebabnya supaya kita tahu solusinya,” kata Anwar Abbas melalui keterangan tertulisnya, Kamis (08/10/2020) malam.

“Ternyata yang menjadi penyebabnya adalah karena adanya UU Cipta Kerja yang dirasakan oleh rakyat dan masyarakat luas di negeri ini sebagai UU yang lebih banyak menguntungkan pihak investor atau pengusaha (profit) dan sangat mengabaikan masalah nasib buruh/karyawan dan masyarakat (people) serta lingkungan hidup (planet),” lanjutnya.

Oleh karena itu Ketua Muhammadiyah ini menyarankan Presiden menerbitkan Perppu, agar masyarakat bisa kembali hidup aman dan damai.

“Sebaiknya presiden mengeluarkan Perppu sebagai pengganti dari UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan ini agar rakyat dan masyarakat luas bisa hidup kembali dengan aman, tenang dan damai.

Selanjutnya, Buya Anwar kembali mengingatkan pentingnya keselamatan bagi bangsa ini yang sedang berhadapan dengan wabah Covid-19.

“Apalagi negeri ini sekarang sedang dilanda covid-19 dimana untuk keselamatan kita sebagai individu dan sebagai warga masyarakat setiap kita tentu dituntut untuk bisa memperhatikan dan menjunjung tinggi protokol kesehatan yang ada agar kita dan orang lain tidak tertular oleh virus yang sangat berbahaya tersebut,”jelasnya.

Menurut Anwar dengan adanya demo ini maka semua protokol kesehatan itu terlanggar sehingga demo-demo ini tidak mustahil akan bisa melahirkan dan meledakkan klaster baru penyebaran Covid-19. Dengan begitu, Ia menghimbau pemerintah bijak dalam mengambil keputusan terbaik.

“Bila itu yang terjadi maka masalah bangsa ini baik dari sisi sosial ekonomi dan politik tentu akan semakin berat kedepannya. Untuk itu saya menghimbau pemerintah agar bisa berbuat yang baik dan terbaik bagi negeri ini,” terangnya.

Terakhir, Pesan Anwar kita harus bisa menjadikan kesejahteraan dan keselamatan serta ketenangan hidup masyarakat sebagai prioritas utama kita karena seperti kita ketahui negeri ini adalah milik kita bersama oleh karena itu setiap pemimpin di negeri ini harus mau dan bisa mendengar dan memperhatikan suara rakyatnya.* Azim Arrasyid

Rep: Admin Hidcom
Editor: Rofi' Munawwar

Bagikan:

Berita Terkait

Indonesia Juara Umum MTQ Internasional II

Indonesia Juara Umum MTQ Internasional II

Umat Islam di Aceh Lakukan Shalat Gaib untuk Syeikh Wahbah Zuhaili

Umat Islam di Aceh Lakukan Shalat Gaib untuk Syeikh Wahbah Zuhaili

Prof Huzaemah Imbau Umat Islam Pakai Medsos untuk Dakwah

Prof Huzaemah Imbau Umat Islam Pakai Medsos untuk Dakwah

PKS Desak Kemdikbud Tindak Tegas Sekolah yang Larang Siswi Berjilbab

PKS Desak Kemdikbud Tindak Tegas Sekolah yang Larang Siswi Berjilbab

Banyak Tokoh Mendoakan Anies Segera Pulih Bebas Covid-19

Banyak Tokoh Mendoakan Anies Segera Pulih Bebas Covid-19

Baca Juga

Berita Lainnya