Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Baitul Wakaf Gelar “Aksi Wakaf Fest 2020”

Baitul Wakaf
Aksi Wakaf Fest 2020 bertema “Momentum Indonesia Bangkit”
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sebagai upaya meningkatkan literasi wakaf di Indonesia, Baitul Wakaf menggelar acara Aksi Wakaf Fest 2020. Even Wakaf Fest perdana digelar di bulan September ini, dibuka oleh Pembina Baitul Wakaf Dr Nashirul Haq.

Aksi Wakaf Fest 2020 bertema “Momentum Indonesia Bangkit” yang digelar secara virtual via aplikasi Zoom ini menghadirkan tiga narasumber. Yaitu, Dr. Hendri tanjung dari Badan Wakaf Indonesia (BWI), Coach Dr Fahmi yang merupakan board grounded business coaching dan Pembina Baitul Wakaf sekaligus founder beberapa perusahaan star up Asih Subagyo, Kamis (24/09/2020).

Nashirul Haq dalam sambutannya mendorong terus digelorakannya gerakan wakaf produktif di Indonesia. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami wakaf dan wakaf produktif, sehingga perlu terus dilakukan edukasi.

“Setidaknya hal ini bisa kita ketahui juga dari rilis Puzkas Baznas dan BWI Indeks Literasi Wakaf (ILW) secara Nasional secara keseluruhan mendapatkan skor 50,48 masuk dalam kategori rendah, tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua,” ujar dai yang juga Ketua Umum DPP Hidayatullah ini.

Para narasumber mendorong peran wakaf untuk dikembangkan dalam berbagai sektor produktif dan semua pihak bisa menjadi bagian untuk ikut terlibat dengan mendukung sejumlah proyek wakaf yang telah eksis.

“Kondisi sulit dan pendemi seperti ini membuat 48 persen atau 30 juta UKM jatuh. Maka, spirit enterprenurial mesti dibangkitkan, karena kita tahu banyak bisnis besar terlahir dalam situasi sulit. Maka, bagaimana peran kita dengan mengembangkan wakaf produktif berada di tangan yang tepat,” kata Coach Fahmi pada sesi presentasinya tentang peran wakaf untuk UMKM dalam situasi pandemi memaparkan.

Baca: Heppy Trenggono Sarankan Wakaf Masuki Dunia Bisnis-Investasi

Materi pembicara lainnya, Asih Subagyo, terkait fungsi wakaf dan perannya yang juga dapat meningkatkan perekonomian nasional. Menurutnya, setidaknya wakaf punya empat fungsi utama, yaitu fungsi ibadah, fungsi ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi akhlak.

“Karenanya kita mesti saling bantu. Dengan wakaf atau sedekah akan menurunkan biaya ekonomi. Sehingga price turun, transaksi akan naik. Ekonomi akan bagus,” imbuhnya.

Acara diakhiri dengan sessi sharing yang dilakukan secara interaktif dengan sejumlah narasumber dan peserta virtual yang mengikuti acara. Aksi Wakaf Fest selanjutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2020 dengan tema Inovasi, Kolaborasi, dan Wakafpreneurship.*

Rep: SKR
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Imbau DPRD DKI Jakarta Lepas Saham Bir

MUI Imbau DPRD DKI Jakarta Lepas Saham Bir

Indeks Persepsi Korupsi Surabaya Masuk 5 Terjelek

Indeks Persepsi Korupsi Surabaya Masuk 5 Terjelek

Pengacara Ahok Enggan Berkomentar Soal Peninjauan Kembali

Pengacara Ahok Enggan Berkomentar Soal Peninjauan Kembali

MUI Ikut Bertanggungjawab Jika ESQ Sesat

MUI Ikut Bertanggungjawab Jika ESQ Sesat

Lusa, Koja Gelar Pasar Dinar-Dirham

Lusa, Koja Gelar Pasar Dinar-Dirham

Baca Juga

Berita Lainnya