Dompet Dakwah Media

Pemerintah Tegaskan Hadi Pranoto Bukan Anggota Peneliti Herbal Covid-19

Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Covid-19 juga tidak pernah memberikan dukungan uji klinis terhadap temuan herbal Hadi Pranoto

Pemerintah Tegaskan Hadi Pranoto Bukan Anggota Peneliti Herbal Covid-19
Hadi Pranoto

Terkait

Hidayatullah.comBeberapa hari ini nama Hadi Pranoto menjadi sorotan di jagat media sosial karena mengaku sebagai pakar mikrobiologi dan menemukan herbal probiotik yang diklaim sebagai obat pencegah dan penyembuh Covid-19.

Menganggapi hal ini pemerintah lewat Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi menegaskan bahwa Hadi Pranoto tidak tergabung dalam konsorsium tim peneliti herbal imunomodulator Covid-19.

Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Covid-19 juga tidak pernah memberikan dukungan uji klinis terhadap temuan herbal Hadi Pranoto.

Kemenristek/BRIN juga menegaskan bahwa setiap pelaksanaan uji klinis harus mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis seperti oleh BPOM dan ethical clearance yang dikeluarkan oleh Komisi Etik.

“Berita/isu tersebut tidak dirilis resmi oleh Kemenristek/BRIN, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan. Berita/isu yang disampaikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan kegiatan Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19.” tulis Kemenristek/BRIN dalam siaran pers yang diterima hidayatullah.com pada Senin (3/8/2020).

Ali Ghufron Mukti sebagai Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 menegaskan, “Saya menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan isu yang menyebutkan bahwa telah ditemukan obat herbal untuk pencegahan Covid-19 apabila bukan dikeluarkan secara resmi atau dibenarkan oleh instansi terkait seperti BPOM, Kemenkes, Kemenristek/BRIN atau kementerian/lembaga pemerintah lainnya, terimakasih”.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Rofi' Munawwar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !