Selasa, 19 Januari 2021 / 5 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Pondok Modern Gontor: Santri Positif Covid-19 Hanya di Kampus 2

Bagikan:

Hidayatullah.com- Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 2, Muhammad Hudaya menegaskan, kasus santri positif Covid-19 hanya terjadi di Pondok Modern Gontor Kampus 2, tidak di kampus cabang-cabang Gontor lainnya.

“Termasuk tidak di kampus Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Pondok Modern Gontor Kampus 2 juga menegaskan bahwa selama ini tidak ada kasus Covid-19 di Pondok Modern Gontor, temuan kasus bukan berasal dari lingkungan dalam Pondok Modern Gontor tapi berasal dari luar pondok yakni dari Sidoarjo,” ujarnya dalam pernyataan resmi di Ponorogo diterima hidayatullah.com, Kamis (09/07/2020).

Oleh karena itu, pihak Gontor mengimbau kepada seluruh wali santri Pondok Modern Gontor Kampus 2 agar tetap tenang dan bersabar atas ujian ini.

“Situasi di kampus Pondok Modern Gontor Kampus 2 kami informasikan saat ini tenang, aman, kegiatan santri-santri berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Hudaya membenarkan adanya 1 santri Pondok Modern Gontor Kampus 2 yang positif Covid-19 setelah dilakukan Swab Test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo.

Swab Test terhadap santri asal Sidoarjo tersebut dilakukan setelah ada informasi dari Dinkes Surabaya yang menjelaskan ayah/wali dari santri yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, langkah cepat penanganan terhadap santri yang dinyatakan positif langsung dilakukan pihaknya, termasuk melakukan isolasi terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan santri tersebut mulai dari teman satu kelas, satu asrama dan para ustadz.

“Santri yang dinyatakan positif saat ini sedang dalam perawatan di Rumah Sakit dan akan terus dipantau perkembangannya,” ujarnya.

Ia menginformasikan bahwa Pondok Modern Gontor Kampus 2 sejak 15 Maret 2020 sudah tidak dibuka untuk umum sejak dikeluarkannya Maklumat dari Pimpinan Pondok Modern Gontor No:3/PMDG/1441 tentang pencegahan risiko Covid-19 di kalangan santri.

Salah satu isi maklumatnya, kata dia, berbunyi; “Melarang kunjungan wali santri dan tamu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.”

Sejak maklumat tersebut dikeluarkan, kata dia, seluruh aktivitas di Pondok Modern Gontor Kampus 2 disesuaikan dengan protokol ketat penanganan Covid-19 termasuk salah satunya mengurangi berbagai kegiatan santri.

Pondok Modern Gontor kampus 2 telah melakukan kerja sama dengan jajaran pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan mempersilakan aparat dari Satgas Covid-19 Kabupaten Ponorogo untuk melakukan tindakan-tindakan yang dibutuhkan.

Seperti, katanya, melakukan rapid test terhadap orang-orang yang berinteraksi, pengecekan tempat isolasi santri serta sarana-sarana pendukung lain sesuai dengan standar protokol penanganan Covid-19.

“Pada akhirnya marilah kita sama-sama berdoa semoga Allah Subhanahu Wata’ala memberikan kekuatan kepada kita semua Keluarga Besar Pondok Modern Gontor mampu melewati ujian ini dengan baik. Amin,” pungkasnya berharap.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Surat Edaran Kemenag Jabar Waspadai Ceramah KH Athian Ali Ternyata Palsu

Surat Edaran Kemenag Jabar Waspadai Ceramah KH Athian Ali Ternyata Palsu

RUU KKG, Pengerdilan Perempuan di Wilayah Domestik

RUU KKG, Pengerdilan Perempuan di Wilayah Domestik

Kemenristek: Karakter Akademisi Harus Selaras dengan Keilmuannya

Kemenristek: Karakter Akademisi Harus Selaras dengan Keilmuannya

WNA Asal Prancis Jadi Predator Seks, Korbannya 305 Anak

WNA Asal Prancis Jadi Predator Seks, Korbannya 305 Anak

Pemuda Muhammadiyah: Pemerintah Belum Serius Merespons Bencana Asap

Pemuda Muhammadiyah: Pemerintah Belum Serius Merespons Bencana Asap

Baca Juga

Berita Lainnya