Iman Brotoseno, Sutradara Film ‘3 Srikandi’ itu Kini Jadi Dirut TVRI

Iman Brotoseno pernah menjadi kontributor untuk National Geographic Indonesia, Playboy Indonesia, Male Emporium

Iman Brotoseno, Sutradara Film ‘3 Srikandi’ itu Kini Jadi Dirut TVRI
Detikcom
Dirut baru TVRI, Iman Brotoseno.

Terkait

Hidayatullah.com- Dewan Pengawas (Dewas) TVRI menetapkan Iman Brotoseno, yang pernah mensutradarai film ‘3 Srikandi’, sebagai Dirut TVRI periode 2020-2022, berdasarkan keputusan Panitia Seleksi.

Seleksi calon Direktur Utama Pengganti Antarwaktu (PAW) TVRI memang telah resmi berakhir pekan ini.

Iman Brotoseno merupakan seorang pekerja seni yang pada hajatan pilpres silam dikenal sebagai pendukung Joko Widodo.

Iman Brotoseno menggeluti dunia film sejak tahun 1998 dan menjadi seorang sutradara. Di antara yang diarsiteki Iman Brotoseno adalah “3 Srikandi”, film biopik 2016 tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang meraih medali pertama di ajang Olimpiade Seoul.

Di dunia jurnalistik, Iman Brotoseno pernah menjadi kontributor untuk National Geographic Indonesia, Playboy Indonesia, Male Emporium, Majalah Chic Photo Video, dan Nikonia pada artikel dan fotografi bawah air.

Iman Brotoseno mengalahkan 29 kandidat lainnya seperti Charles Bonar Sirait, Farid Subkhan, sampai Suryopratomo, setelah melalui berbagai tes mulai dari assesment hingga fit and proper test.

Ketua Dewas TVRI, Arief Hidayat, Selasa (26/05/2020) mengatakan bahwa keputusan itu baru diumumkan malam Selasa, 26 Mei dan besoknya Rabu, 27 Mei jam 11.00 Iman Brotoseno [akan] dilantik sebagai Dirut TVRI di GPO TVRI, Senayan, Jakarta.

“Dewan Pengawas LPP TVRI menetapkan Direktur Utama Pengganti Antar waktu masa tugas 2020-2022 yang terpilih adalah Iman Brotoseno,” demikian petikan surat keputusan Panitia Pemilihan Calon Direktur Utama LPP TVRI kutip Kumparan, Selasa (26/05/2020).

Dikutip dari blog pribadinya, imanbrotoseno.com, lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan National Film & Television School London ini pernah menjabat chairman Pesta Blogger 2007 dan Presiden dari ASEAN Blogger Community. Iman Brotoseno juga sempat menduduki kursi Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia.

Pada sejumlah kesempatan, Iman Brotoseno kerap menggelar workshop tentang media sosial, antara lain di Stockholm Internet Forum dan Malaysia International Tourism Bloggers Conference.

Iman Brotoseno jadi Dirut TVRI menggantikan Helmy Yahya yang telah dicopot dari jabatannya pada tanggal 16 Januari lalu.

Iman Brotoseno merupakan alumnus International Leadership Visitor Program di Amerika yang juga gemar menyelam. Iman Brotoseno masif aktif sebagai instruktur selam Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Seleksi Dirut TVRI Berpolemik

Sebagaimana diketahui, seleksi Dirut TVRI menuai polemik sebab diprotes Komite Penyelamat TVRI. Komisi I DPR sempat meminta Dewas menghentikan proses seleksi, bahkan mempertimbangkan pemberhentian Dewas.

Ada beberapa dugaan pelanggaran yang disorot, yaitu keputusan mencopot Helmy Yahya yang dinilai janggal dan tidak sah, jabatan Ketua Dewas yang sudah non-aktif per tanggal 11 Mei, hingga mencopot 3 direktur TVRI era Helmy Yahya.

Walaupun berpolemik, Dewas TVRI langsung membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Dirut dan seleksi tetap berlanjut hingga ditetapkan satu nama. Padahal April lalu, Komisi I DPR telah sepakat mengevaluasi kinerja Dewas TVRI dan menerbitkan Surat Pemberitahuan Rencana Pemberhentian (SPRP) Dewas.

Helmy Yahya saat ini telah menggugat surat pemberhentiannya sebagai Dirut TVRI itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !