Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Komisi Dakwah MUI Ajak Takbiran Live di Media Sosial

yahya g nasrullah/hidayatullah.com
KH Cholil Nafis, kini Ketua Bidang Dakwah MUI.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak seluruh umat Islam di Indonesia agar membanjiri media sosial pada malam Idul Fitri 1441H/2020M dengan live takbiran bertagar #SemestaBertakbir.

“Yang punya media sosial, yang punya sarana untuk mensyiarkan takbir sejagad raya ini, ayo kita laksanakan dengan hastag SemestaBertakbir,” ujar Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis melalui keterangan tertulis pada Jumat (22/05/2020).

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI ini, kegiatan tersebut bertujuan menghidupkan malam Idul Fitri dengan video takbir, tahmid, dan tasbih melalui media sosial masing-masing.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengajak umat tetap berada di rumah di tengah pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI Pusat ini menambahkan, sekalipun masih di tengah pandemi wabah Covid-19, namun umat muslim harus tetap bersuka cita.

“Kita rayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan dan kebanggaan karena kita sudah melewati ujian dan latihan di bulan Ramadhan. Dengan penuh keterbatasan saat pandemi Covid-19, jangan surutkan kebahagiaan dan kesenangan karena kita telah melewati bulan Ramadhan dan kembali pada kefitrahan kita,” katanya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasallam, jelasnya, bersabda bahwa siapa saja yang menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, dan tasbih, maka Allah Subhanahu Wata’ala akan mengidupkan hati orang tersebut.

Selain video takbiran yang menyertakan hastag #SemestaBertakbir, kegiatan yang dimulai pukul 19.30 sampai dengan 20.30 pada tanggal 01 Syawal itu juga akan diisi dengan takbir bersama MUI melalui live streaming di TV MUI dan medsos.

“Kami berharap semua jamaah bisa mengumandangkan takbir, tahmid dan tasbih dimanapun berada di jagad raya ini untuk menghidupkan malam Idul Fitri mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasallam,” ujar Kiai Cholil.

Sedangkan menurut Wakil Ketua Komisi Infokom MUI Pusat, Thobib Al Asyhar, yang juga inisiator kegiatan itu, ada tiga tujuan takbiran via medsos tersebut.

Pertama, jelasnya, untuk syiar Islam di dunia maya, kemudian dukungan #StayatHome, dan ketiga membuat topik ini menjadi trending topic di dunia maya. Menurutnya, takbir yang dilaksanakan oleh MUI ini akan diikuti oleh pengurus MUI seluruh Indonesia secara virtual.

“Kami juga mengimbau Masjid dan mushalla seluruh nusantara untuk melaksanakan takbir melalui speaker dan streaming live melalui akun official medsos atau individu pengurus DKM,” sebutnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh ormas Islam, lembaga pendidikan, majelis taklim, dan semua umat Islam dimanapun berada agar bertakbir bersama keluarga masing-masing dengan live melalui akun medsos masing-masing.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Panglima TNI: Indonesia Tak Pecah karena Pancasila Dijaga Umat Islam

Panglima TNI: Indonesia Tak Pecah karena Pancasila Dijaga Umat Islam

Pelarangan Sembelih Qurban di Pulomas

Pelarangan Sembelih Qurban di Pulomas

Dijadikan Dalih Ahok Dituntut Ringan, Buni Yani Duga JPU Diintervensi

Dijadikan Dalih Ahok Dituntut Ringan, Buni Yani Duga JPU Diintervensi

mahfud ruu kuhp

Pemerintah Minta Aparat Tak Berlebihan soal Kepulangan Habib Rizieq: Kawal Sampai Kediamannya dengan Selamat

Kapolri Bantah akan Awasi Dakwah

Kapolri Bantah akan Awasi Dakwah

Baca Juga

Berita Lainnya