Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pelaku Prank “Sembako” Sampah Dibalas Prank

Bagikan:

Hidayatullah.com- Pelaku ngeprank lewat “sembako” berisi sampah di Bandung, Jawa Barat, Ferdian Paleka, akhirnya dibalas prank.

Ferdian yang telah ditangkap aparat polisi, Jumat (08/02/2020) dinihari, sempat “dijanjikan” akan dibebaskan. Namun, “janji” tersebut ternyata “prank” terhadapnya.

“Kamu bentar lagi bebas tapi boong, gitu ya, hei, tapi boong,” ujar petugas kepada Ferdian dengan nada meninggi sebagaimana video yang viral di media sosial, Jumat (08/05/2020).

Ferdian Paleka tampak mengenakan kaos dan celana abu-abu, dengan masker hitam yang menggantung. Youtuber yang sebelumnya “gagah berani” saat melakukan aksi prank membagikan “sembako” sampah itu kini terlihat tidak berkutik, matanya sayu, ia tertunduk lesu, seakan menyesali aksi tidak terpujinya itu.

Ferdian bersama tiga orang lainnya ditangkap polisi saat mau melarikan diri lewat Pelabuhan Merak, Jumat.

Melihat kondisi Ferdian seperti itu, warganet mengungkapkan perasaannya masing-masing. Ada yang mengecamnya, ada yang senang dia ditangkap, ada pula yang merasa “sedih” atas tertangkapnya pria yang sebelumnya dijadikan DPO oleh kepolisian tersebut.

“Pengenn nangis lihatnya… tapii boongg,” tulis akun @adewonggg mengomentari video tersebut yang diunggah akun @unikinfo_id, Jumat (08/05/2020) pantauan hidayatullah.com.

Ferdian Paleka diamankan berbarengan dua orang lainnya yaitu Aidil yang juga terlibat dalam pembuatan video sampah dan Jamaludin, orangtua Ferdian.

Ferdian selanjutnya diproses hukum dan terancam hukuman penjara selama 12 tahun serta denda Rp 12 miliar.

Sebelumnya diberitakan hidayatullah.com, sekelompok anak muda membagi-bagikan “sembako” berisi sampah kepada warga di Bandung, Jawa Barat, pada suatu malam, menuai kecaman keras.

Dalam suasana bulan suci Ramadhan 1441H/2020M di tengah pandemi Covid-19, harusnya dimanfaatkan oleh umat untuk meningkatkan ibadah dan solidaritas sosial kepada sesama. Namun, perilakunya sebaliknya justru dilakukan oleh orang-orang itu.

Video kejadian itu viral di media sosial dan menuai kecaman publik di jagat maya.

“Gak manusiawi!” tulis akun @dinar_candy mengomentari unggahan potongan video pembagian “sembako” berisi sampah tersebut yang di-upload akun @lambe_turah pantauan hidayatullah.com pada Selasa (05/05/2020) sekitar pukul 13.46 WIB.

Di Youtube kata kunci “prank sembako sampah” banyak diunggah channel Youtube, antara lain berjudul “Video FERDIAN PALEKA yang di HAPUS | Prank SEMBAKO isi SAMPAH & BATU | Viral” yang diunggah Hasby Azka tertanggal 3 Mei 2020. “Video ini hanya Reploud,karena video aslinya Dihapus,,,bantu sebarkan supaya cepet sadar yang bikin prank bodoh ini,” keterangan tertulis menyertai video itu.

Warganet ramai-ramai mengecam pelaku nge-prank sembako berisi sampah tersebut.

“Dia aja mau muntah cium bau sampah nya. Gak mikir apa, gimana perasaan orang dia beri. Youtuber gak berotak emang..” tulis akun Mfahri Ipa2 mengomentari unggahan video yang berdurasi sekitar 12.11 menit tersebut.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Sudah Saatnya Pemerintah dan DPR Rumuskan RUU Anti Prostitusi

Sudah Saatnya Pemerintah dan DPR Rumuskan RUU Anti Prostitusi

Pakar Hukum: RUU P-KS Rancu, Hendaknya Ditolak

Pakar Hukum: RUU P-KS Rancu, Hendaknya Ditolak

Hanya Dapat 2 Persen, PSI Akui Kekalahan di Pemilu 2019

Hanya Dapat 2 Persen, PSI Akui Kekalahan di Pemilu 2019

KPAI: Kekerasan Kasus Pelanggaran Hak Anak Tertinggi

KPAI: Kekerasan Kasus Pelanggaran Hak Anak Tertinggi

Soal Jamaah Umrah Lantunkan Syair, Dubes Saudi: itu Tak Pantas

Soal Jamaah Umrah Lantunkan Syair, Dubes Saudi: itu Tak Pantas

Baca Juga

Berita Lainnya