Dompet Dakwah Media

Atasi Dampak Covid-19

Prabowo Subianto: Tanam Bahan Pangan, Gunakan Setiap Lahan

"Supaya saudara di saat-saat yang susah mungkin terdapat kekurangan persediaan sewaktu-waktu kalian tidak panik, kalian tidak risau, karena kalian punya lumbung-lumbung sendiri"

Prabowo Subianto: Tanam Bahan Pangan, Gunakan Setiap Lahan
FB Prabowo Subianto
Prabowo Subianto menyampaikan pesan terkait ketahanan pangan menghadapi dampak Covid-19.

Terkait

Hidayatullah.com– Prabowo Subianto memperkirakakan bahwa Indonesia kemungkinan akan menghadapi situasi sulit beberapa saat ke depan dampak pandemi Covid-19.

Tentunya, kata Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan ini, semua pihak berdoa dan berharap agar situasi ini segera berakhir.

Namun, mengingat penanganan situasi tersebut yang memerlukan waktu, mantan calon presiden pada Pemilu 2020 ini meminta rakyat agar melakukan tindakan antisipatif.

Prabowo antara lain meminta kepada warga yang mampu untuk membantu warga lainnya yang lemah.

“Mengorganisir mereka yang lemah, minimal dirimu dan keluargamu masing-masing,” pesan Prabowo yang secara khusus ditujukan bagi para kader dan relawannya itu.

Selain itu, Prabowo meminta agar masyarakat mempersiapkan ketahanan pangan.

Baca: Ketahanan Pangan yang Cukup, Mendukung Ketahanan Negara

Prabowo menyerukan masyarakat agar memanfaatkan lahan-lahan dengan menanam tanaman untuk ketahanan pangan.

“Buatlah tanaman-tanaman yang berguna untuk kepentinganmu. Gunakan setiap lahan yang bisa kau gunakan. Tanamlah bahan-bahan pangan untuk saudara sendiri.

Supaya saudara di saat-saat yang susah mungkin terdapat kekurangan persediaan sewaktu-waktu kalian tidak panik, kalian tidak risau, karena kalian punya lumbung-lumbung sendiri,” seru Prabowo di sebuah ruang kerjanya dalam video yang disebarkannya ke publik kemarin pantauan hidayatullah.com pada Kamis (23/04/2020) di akun resminya.

Prabowo juga mengimbau kepada masyarakat khususnya para kadernya untuk saatnya menggunakan organisasi dan kelompok-kelompok yang sudah dibentuk, serta koperasi yang ada untuk ketahanan pangan.

“Gunakan koperasi-koperasi yang sudah kau miliki untuk menjamin ketersediaan pangan bagi keluargamu dan kelompokmu sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh, Prabowo juga mengimbau masyarakat yang berketahanan pangan tersebut untuk membantu pihak lain yang membutuhkan.

“Bila perlu dan bila mampu bantulah mereka-mereka yang lebih sulit dari dirimu, keluargamu, dan kelompokmu semuanya,” serunya.

Prabowo menilai, dalam menghadapi pandemi Covid-19, diperlukan persatuan bangsa Indonesia, solidaritas, sikap saling bahu membahu, bantu membantu.

“Dari dulu kita selalu berjuang untuk Indonesia swasembada pangan, swasembada energi, swasembada obat dan air dan sekarang kita harus wujudkannya,” ujar Prabowo.

Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia harus percaya dengan kekuatan bangsa dalam menghadapi situasi sulit. “Jangan berharap bangsa lain akan bantu kita, tapi kita harus menggali kekuatan kita sendiri.”

“Kita dulu dan kita akan terus berjuang dari sejak dahulu terus kita berjuang untuk Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri,” ujarnya juga.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !