Dompet Dakwah Media

Wantim MUI: Kuatkan Lembaga Keluarga Beribadah Ramadhan

"Saling membantu, saling menolong, dan berempati kepada saudara-saudara kita yang terinfeksi dan terdampak medis, sosial, dan ekonomi dari corona dalam semangat kepedulian"

Wantim MUI: Kuatkan Lembaga Keluarga Beribadah Ramadhan
zulkarnain/hidayatullah.com
Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Prof Din Syamsuddin

Terkait

Hidayatullah.com– Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) mengajak umat Islam untuk menguatkan peran keluarga dalam beribadah di bulan Ramadhan 1441H/2020M.

“Mari bertekad menguatkan lembaga keluarga dengan tetap semangat mensyiarkan ibadah di bulan Ramadhan dari rumah masing-masing,” pesan Ketua Wantim MUI Prof Din Syamsuddin dalam tausiyahnya di Jakarta, Rabu (22/04/2020).

Din menyebutkan syiar ibadah Ramadhan yang dimaksud yaitu berpuasa dengan khusyu’, menunaikan shalat rawatib dan shalat tarawih berjamaah bersama keluarga di rumah, meningkatkan ibadah sunnah.

“Penuh harap kebaikan (raja’) dari Allah Subhanahu Wata’ala, mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala (muraqabah), memperbanyak introspeksi diri (muhasabah), memperbanyak dzikir dan doa (dzikrullah), memperbanyak membaca Al-Qur’an (tilawatil Qur’an),” sebut Din.

Selain itu, Wantim MUI juga mengajak umat agar sering bersuci untuk menjaga wudhu (daimul wudhu), menjaga fisik tetap sehat, disiplin bersih sesuai protokol kesehatan, bekerja dari rumah (work from home), beribadah di rumah (pray from home), bersilaturahim dari rumah, tetap rutin berolah raga, menjaga jarak sehat (physical distancing).

“(Dan) memanfaatkan teknologi daring sebagai media berkumpul bersama saat sahur, berbuka puasa, dan menjalankan kajian-kajian keagamaan dan kemasyarakatan,” tambahnya.

Menyongsong keagungan bulan Ramadhan ini, Wantim MUI juga mengajak umat mensikapi dan menghadapi pandemi Covid-19 dengan prasangka baik (husnudzan).

“Hati tetap tenang, penuh kesabaran, berikhtiar dan yakin bahwa segala yang terjadi adalah atas takdir dan kehendak Allah Subhanahu Wata’ala,” sebutnya.

Sejatinya, jelas Din, virus corona juga mahluk Allah yang diturunkan ke muka bumi untuk menguji dan meningkatkan keimanan kaum Muslimin.

Wantim MUI juga mengajak umat agar meningkatkan spirit gotong-royong dan solidaritas persaudaraan keislaman (ukhuwah Islamiyah), persaudaran kebangsaan (ukhuwah wathaniyah), persaudaraan kemanusiaan (ukhuwah insaniyah) untuk bersatu padu menanggulangi Covid-19.

“Saling membantu, saling menolong, dan berempati kepada saudara-saudara kita yang terinfeksi dan terdampak medis, sosial, dan ekonomi dari corona dalam semangat kepedulian.

Di antaranya dengan mempercepat membayar zakat mal di awal Ramadhan, serta memperbanyak infaq dan shadaqah baik dalam bentuk uang, makanan, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), pakaian dan apa saja yang sangat membantu dan dibutuhkan oleh saudara-saudara kita,” sebutnya.

Diperkirakan 1 Ramadhan 1441H/2020M bertepatan pada Jumat (24/04/2020) besok lusa.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !