Dompet Dakwah Media

Lahan Wakaf Muslim Disiapkan untuk Pemakaman Korban Covid-19

Menurut Asep, khusus untuk inisiatif pemakaman korban Covid-19 itu, FMP menyediakan 1 blok lahan, sejumlah 10 kavling.

Lahan Wakaf Muslim Disiapkan untuk Pemakaman Korban Covid-19
Kawasan Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP), Kabupaten Bandung Barat,

Terkait

Hidayatullah.com– Sebuah lahan wakaf pemakaman Muslim di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, disiapkan untuk dijadikan lokasi pemakaman bagi jenazah korban virus corona jenis baru (Covid-19).

“Alhamdulillah, lahan khusus pemakaman jenazah korban Covid sedianya berlokasi di kawasan Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP), Kabupaten Bandung Barat, yang digagas Sinergi Foundation (SF) sejak 2013 lalu,” kata CEO SF, Asep Irawan dalam keterangannya kepada media, Rabu ()8/04/2020).

Menurut Asep, khusus untuk inisiatif pemakaman korban Covid-19 itu, FMP menyediakan 1 blok lahan, sejumlah 10 kavling.

Menurutnya, 10 kavling itu punya daya tampung sebanyak 60 jenazah, di mana pada setiap kavlingnya ada 2 lubang/liang lahat.

“Setiap lubang/liang lahat dapat diisi hingga 3 jenazah,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, maraknya fenomena penolakan warga terhadap jenazah korban Covid-19 di beberapa daerah mengusik keprihatinan.

Walau akhirnya dapat dimakamkan, namun seiring data korban meninggal akibat Covid-19 yang terus bertambah, SF menilai, kalau tak ada upaya serius, maka bukan mustahil kejadian serupa akan terulang.

Penyiapan lahan pemakaman tersebut dinilai sebagai bagian dari solusi atas dampak pandemi Covid-19 yang membuat warga panik dan menolak jenazah korban Covid-19.

Kata Asep, mengenai protokol pemakaman, pihaknya akan mengikuti arahan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

“Pertama, lokasi penguburan harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk air minum dan berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga,” sebutnya.

Kemudian, jenazah harus dikubur pada kedalaman sekurang-kurangnya 2,5 meter lalu ditutupi dengan tanah setinggi 1 meter.

“Terakhir, setelah semua prosedur jenazah dilaksanakan dengan baik, barulah pihak keluarga dapat turut dalam prosesi pemakaman jenazah,” sebutnya.

Disebutkan, selama prosesi pemakaman, tim FMP dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar, sebagaimana protokol pemakaman jenazah terinfeksi Covid-19. Disediakan pula booth steril (sanitizer booth) di pintu masuk area pemakaman.

“Jadi inisiatif pelayanan yang diberikan dalam hal peyediaan lahan hingga prosesi pemakaman. Ini bagian dari ikhtiar kesiapsiagaan SF menangani prosesi pemakaman jenazah Covid-19 dengan mengikuti seluruh protokol yang sudah ditentukan pemerintah,” sebut Asep.

Disebutkan, Taman Wakaf Pemakaman Muslim FMP merupakan taman pemakaman Muslim pertama di Indonesia yang mengusung konsep wakaf, tanpa unsur bisnis atau komersial. Ini diperuntukkan bagi wakif (orang yang berwakaf), dhuafa dan masyarakat Muslim pada umumnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !