Wakil Rakyat: Tingkatkan Spiritual dan Aksi Sosial Cegah Covid-19

"Kita percaya bahwa penyakit ini datang sebagai bagian dari ujian Allah"

Wakil Rakyat: Tingkatkan Spiritual dan Aksi Sosial Cegah Covid-19
istimewa
Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf

Terkait

Hidayatullah.com– Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf, mengimbau kepada warga agar senantiasa mematuhi arahan seperti physical distancing, menjauhi kerumunan, dan menjaga diri untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Imbauan itu disampaikan dalam rangka turut mencegah penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19).

Wakil Rakyat asal Jepara ini menambahkan, selain melakukan tindakan sosial dan medis, hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan spiritualitas melalui doa ataupun kegiatan ibadah.

“Selain melakukan kegiatan edukasi, kami juga mendorong masyarakat agar meningkatkan kondisi spiritual mereka. Selain melakukan ikhtiar secara sosial dan medis, kami juga mendorong masyarakat agar lebih rajin dalam berdoa,” ujar Bukhori dalam keterangannya kepada hidayatullah.com pada Senin (30/03/2020).

“Kita percaya bahwa penyakit ini datang sebagai bagian dari ujian Allah. Oleh karena itu, dengan doa kita meminta agar Allah senantiasa mengangkat ujian ini agar kondisi bangsa bisa berangsur pulih,” ujarnya.

Baca: Meski Butuh Bantuan, Pesmadai Malah Berbagi Rempah “Anti-Corona” ke Warga

Sebelumnya, penghujung pekan kemarin politis PKS ini membagikan hand sanitizer di 4 wilayah berbeda di Jawa Tengah.

Ada 2 kabupaten dan 2 kota yang menjadi sasaran gerakan sosial itu, yaitu Kabupaten Semarang dan Kendal serta Kota Salatiga dan Semarang, Jawa Tengah.

Bukhori mengaku, ia mendistribusikan 60 galon hand sanitizer dengan masing-masing galon berisi 19 liter secara total.

Menurutnya, inisiatif ini muncul sebagai respons untuk melakukan pencegahan sekaligus edukasi bagi masyarakat dalam menangkal Covid-19.

Inisiatif itu pun sebagai langkah pre-emtif untuk melindungi warga Jateng, mengingat telah ditemukan sejumlah kasus positif Covid-19 di Semarang, sehingga mendorong warga lebih waspada.

Hand sanitizer ini dibagikan kepada penduduk secara gratis mengingat terjadinya kelangkaan sejumlah perlengkapan medis di sejumlah tempat,” ujar Bukhori.

Baca: Anies: Saya Diserang dan Dibantah Tapi Saya Tidak Takut

Selain itu, ia mengaku sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait langkah-langkah pencegahan apa saja yang bisa dilakukan untuk terhindar dari Covid-19.

“Seperti budaya cuci tangan, etika batuk dan bersin, dan menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !