Buya Yahya: Serius Ibadah pada Sya’ban, Sukses saat Ramadhan

"Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang sangat perlu diperhatikan oleh kaum Muslimin"

Buya Yahya: Serius Ibadah pada Sya’ban, Sukses saat Ramadhan
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Buya Yahya berdoa dalam sebuah pengajiannya di Cirebon, Jawa Barat.

Terkait

Hidayatullah.com– Ulama masyhur asal Cirebon, Jawa Barat, Ustadz Yahya Zainul Maarif mengajak umat Islam untuk beribadah secara serius di bulan Sya’ban 1441H saat ini.

Buya Yahya, demikian dikenal, menjelaskan bahwa Sya’ban merupakan di antara bulan mulia dalam agama Islam. Bulan ini sebagai pintu menuju bulan puasa Ramadhan.

Ia menjelaskan, jika seorang Muslim bersungguh-bersungguh menjalankan ibadah pada bulan Sya’ban, maka pada bulan suci Ramadhan akan mendapatkan kesuksesan.

“Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Siapa yang berupaya membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadhan,” pesan Buya Yahya pantauan hidayatullah.com melalui akun resminya di Instagram pada Kamis (26/03/2020) pagi ini.

Baca: Aa Gym Ingatkan Ramadhan Sebulanan Lagi

Menurut Buya Yahya, dinamakan Sya’ban karena pada bulan itu terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak (yatasya’abu minhu khairun katsir).

Menurut pendapat lain yang dikutipnya, Sya’ban berasal dari kata Syi’b, yaitu jalan di sebuah gunung atau jalan kebaikan.

“Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang sangat perlu diperhatikan oleh kaum Muslimin.

Pada bulan ini, juga ada beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh para Salafuna shaleh untuk mempersiapkan dan melatih diri dengan memperbanyak ibadah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan,” paparnya.

Ajakan Buya Yahya untuk beribadah serius itu disambut positif oleh warganet. Pengguna media sosial pun berharap agar wabah virus corona jenis baru (Covid-19) segera berlalu.

“Mudh2n dengan datang nya Sya’ban dan Ramadhan semua Bala diangkat oleh Allah Ta’ala,” tulis @zendonjuan mengomentari unggahan Buya Yahya.

Unggahan itu hingga Kamis pagi telah mendapat sebanyak lebih dari 2.349 tanda suka.

Baca: Begini Para Salaf Menyambut Ramadhan

Sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 yang menyita perhatian mayoritas publik Indonesia bahkan dunia, KH Abdullah Gymnastiar mengingatkan umat Islam akan kehadiran bulan suci Ramadhan.

Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini mengingatkan bahwa bulan penuh ampunan tersebut sebentar lagi menghampiri.

“Tidak terasa bulan Ramadhan kurang dari 1 bulan lagi,” Aa Gym, sapaannya, mengingatkan lewat Instagram resminya pada Rabu (25/03/2020) pantauan hidayatullah.com.

Aa Gym menyampaikan doa dan harapannya agar dimudahkan untuk bisa bertemu bulan puasa.

“Ya Alloh mudahkanlah, bimbinglah kami untuk menggapai RidhaMu dan sampaikanlah kami ke bulan RamadhanMu,” harapnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !