Dompet Dakwah Media

Menag Ajak Umat Bersih-bersih Masjid, Cegah Wabah Covid-19

Sedangkan bagi para jamaah yang mau ke masjid, “Jangan lupa membawa sajadah sendiri"

Menag Ajak Umat Bersih-bersih Masjid, Cegah Wabah Covid-19
Azim Arrasyid/hidayatullah.com
Menteri Agama Fachrul Razi

Terkait

Hidayatullah.com– Menteri Agama Fachrul Razi mengajak umat beragama termasuk kaum Muslimin untuk melakukan bersih-bersih rumah ibadah, bagi umat Islam tentu membersihkan masjid masing-masing.

Ajakan itu disampaikan Menag dalam upaya mencegah penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) asal China yang telah masuk ke Indonesia.

“Sebagai ikhtiar kita mencegah penyebaran Covid-19, saya ajak umat untuk bersama-sama melakukan aktivitas bersih-bersih rumah ibadah,” ujar Menag dalam pesan ajakannya setelah mendampingi Presiden Joko Widodo memimpin gerakan bersih-bersih Masjid Istiqlal di Jakarta, Jumat (13/03/2020).

Baca: Kemenag Lakukan Cegah Dini Covid-19 Pada Seleksi Petugas Haji

Menag mengimbau agar pelaksanaan ritual keagamaan yang dilakukan seluruh umat beragama dibarengi dengan peningkatan tindakan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Bersih-bersih masjid antara lain menurut Menag yaitu dengan menggulung dan menyisihkan sementara semua karpet yang ada di tempat ibadah. “Semprot ruang peribadahan dengan disinfektan,” imbaunya.

Begitu itu pula yang dilakukan Jumat tadi dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara menyeluruh di ruang-ruang Masjid Istiqlal.

Menag pun mengimbau masyarakat agar untuk sementara waktu tak melakukan kontak fisik seperti berjabat tangan, berpelukan dengan menempelkan pipi (cipika-cipiki), dan aktifitas kontak fisik lainnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan guna saling menjaga dan membatasi potensi penyebaran Covid-19.

Baca: Prof Din: Sudah Waktunya Indonesia Menyatakan Darurat Wabah Corona

Menag juga mengimbau para pengurus masjid dan rumah ibadah lainnya agar melakukan upaya-upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain dengan menyemprotkan disinfektan, juga menyiapkan sabun di tempat yang mudah dijangkau, seperti tempat mengambil air wudlu, toilet, dan lainnya. Kalau memungkinkan, pengurus masjid menyiapkan alat deteksi tubuh dan hand sanitizer bagi jamaah.

“Jamaah yang sedang mengalami demam, batuk, dan flu, disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan dan kesehatan jamaah lainnya,” sebut Menag.

Menag pun berpesan agar umat Islam selalu menjaga dan memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat. Menag meminta agar aktivitas peribadahan sedapat mungkin tidak memakan waktu yang panjang.

Baca: YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner di Semua Bandara

Selain itu, ia meminta agar pesan-pesan dalam ceramah dai atau khutbah juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Sedangkan bagi para jamaah yang mau ke masjid, “Jangan lupa membawa sajadah sendiri,” pesan Menag.

Dalam aksi bersih-bersih di Masjid Istiqlah, turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.* (SKR)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !