KBRI Riyadh Imbau WNI Tetap Tenang, Waspada, Lakukan Pencegahan Corona

Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi mengumumkan secara resmi konfirmasi adanya kasus pertama virus corona

KBRI Riyadh Imbau WNI Tetap Tenang, Waspada, Lakukan Pencegahan Corona

Terkait

Hidayatullah.com– Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi di Riyadh (KBRI Riyadh) menyampaikan seumlah imbauan terkait wabah virus corona asal China.

“KBRI Riyadh mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi untuk tetap tenang, waspada, dan melakukan langkah pencegahan (penularan virus corona, red),” bunyi imbauan KBRI di Riyadh tertanggal 2 Maret waktu Arab Saudi sebagaimana diterima hidayatullah.com pada Selasa (03/03/3030).

KBRI Riyadh mengatakan, pada tanggal 2 Maret pukul 19.13 waktu setempat, Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi mengumumkan secara resmi konfirmasi adanya kasus pertama virus corona (covid-19). Kasus tersebut dialami oleh seorang warga negara Saudi yang kembali dari Iran melalui Bahrain.

“Menurut informasi tersebut, saat ini pasien telah berada di ruang isolasi sebuah rumah sakit untuk mendapatkan pencegahan lebih lanjut,” jelasnya.

Baca: Saudi Umumkan Kasus Infeksi Virus Corona Pertama

Adapun langkah-langkah pencegahan virus corona, jelas KBRI yaitu senantiasa menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan diri dan keluarga.

Kemudian, membiasakan diri untuk hidup bersih dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik dalam setiap aktivitas.

“Memasak makanan hingga benar-benar matang terutama daging atau telur,” sebutnya.

Selain itu, juga menghindari berdekatan dan bersentuhan dengan individu yang mempunyai gelaja flu atau demam.

“Menunda/menghindari perjalanan ke tempat-tempat publik yang beresiko sebagai tempat penyebaran penyakit,” sebutnya.

Baca: MUI: Dekatkan Diri pada Allah, Virus Corona Bisa Jadi Peringatan

KBRI juga mengimbau WNI di Saudi agar menggunakan masker pelindung hidung dan mulut saat bepergian ke tempat publik.

“Hindari sentuhan langsung dengan hewan piaraan maupun hewan liar,” imbaunya.

KBRI mengimbau WNI agar senantiasa mengikuti petunjuk dari otoritas kesehatan setempat.

“Memantau perkembangan situasi melalui media dan otoritas setempat serta media sosial setempat serta media sosial perwakilan RI di Arab Saudi,” imbaunya.

KBRI Riyadh juga menyampaikan bahwa Kemkes Arab Saudi menyatakan bahwa “Jika anda datang dari salah satu negara yang tercatat adanya kasus-kasus cirus corona (covid-19) dan mengalami gejala berikut dalam jangka waktu 14 hari sejak kedatangan, yaitu naiknya suhu badan, sakit di tenggorokan, sesak napas, maka ada harus segera menghubungi layanan hotline Kemkes Arab Saudi di nomor telepon 937, serta tetap berada di rumah dan memakai masker.”*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !