2 WNI Terinfeksi Virus Corona, Anies: Harus Waspada Tapi Tetap Tenang

"Rutin cuci tangan secara bersih dan menyeluruh. Terapkan etika bersin dan batuk yang benar"

2 WNI Terinfeksi Virus Corona, Anies: Harus Waspada Tapi Tetap Tenang
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Terkait

Hidayatullah.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa masyarakat harus tetap waspada sekaligus tetap tenang dalam menghadapi virus corona jenis baru (Covid-19).

Pernyataan itu disampaikan Anies menyusul dua warga negara Indonesia yang diketahui telah terinfeksi virus mematikan asal China tersebut.

“Perkembangan kasus COVID-19 di luar memang menunjukkan tren naik, berarti kita harus waspada tapi tetap tenang,” ujar Anies di Jakarta, Senin (02/03/2020) lewat akun resminya di media sosial pantauan hidayatullah.com.

“Tetap tenang beraktivitas sambil waspada dan terus jaga kesehatan. Hubungi hotline @dinkesdki bila diperlukan,” ujar Anies.

Baca: 2 WNI Terpapar Virus Corona di Depok, Presiden Imbau Jaga Kebersihan

Lantas apa yang bisa dilakukan sebagai kewaspadaan umum di tempat kerja masing-masing untuk mengurangi risiko penularan virus COVID-19? Anies mengajak mengikuti panduan dari badan kesehatan dunia (WHO) pada gambar yang diunggahnya, sebagai berikut:

Jaga tempat kerja tetap bersih dan higienis;

Rutin cuci tangan secara bersih dan menyeluruh. Terapkan etika bersin dan batuk yang benar;

Imbau kolega/kerabat yanga sakit untuk beristirahat di rumah;

Perhatikan peringatan perjalanan (travel warning) dari pemerintah sebelum melakukan perjalanan dinas ke luar neger;

Jika covid19 telah menyebar di lingkungan sekitar, mereka yang mengalami batuk/demam ringan harus tinggal di rumah; dan

Upaya untuk melakukan teleworking (mobile/remote working). “Saat covid-19 mulai menyebar di lingkungan sekitar, otoritas kesehatan akan memberikan imbauan terkait penggunaan transportasi publik atau bepergian ke tempat ramai.

Teleworking membantu pekerjaan/usaha tetap berjalan dan menjaga karyawan tetap sehat.”

Baca: Menkes Soal Virus Corona: Kita Hati-hati Tapi Tak Paranoid

Sebelumnya diberitakan, dua orang positif terpapar COVID-19 (virus corona) tinggal di Kota Depok, Jawa Barat. Kedua warga negara Indonesia (WNI) tersebut adalah ibu dan anak.

Pada Senin (02/03/2020) tadi, Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang WNI yang positif terjangkit virus corona tersebut adalah seorang wanita berusia 31 tahun dan ibunya berusia 64 tahun.

Terkait ditemukannya kasus virus corona di Indonesia, Presiden mengimbau warga masyarakat agar menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitasnya.

Presiden mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan tangan, meminimalisir interaksi dengan orang lain jika tidak diperlukan, dan meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh supay tak terinfeksi virus mematikan asal China itu.

“Sejak awal saya sampaikan bahwa kita harus menjaga kebersihan, banyak cuci tangan. Jangan kontak (dengan orang lain) yang tidak perlu, kemudian menjaga tubuh lebih fit sehingga imunitas kita terjaga,” imbaunya di Jakarta, Senin.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !