Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

PPP Tekankan Kesamaan Sikapi Wacana Parpol Islam Tunggal

Azim Arrasyid/hidayatullah.com
Sekjen PPP (tengah), Asrul Sani pada KUII VII di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/02/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Asrul Sani menyampaikan bahwa partai-partai Islam akan menentukan sikap bersama. Hal itu disampaikan Asrul setelah acara silaturrahim dan tukar pikiran dengan partai-partai politik pada Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII.

Asrul menyampaikan, ada aspirasi dari umat Islam agar partai-partai Islam bersatu. Kalau pun partai Islam belum bersatu, minimal memiliki semangat kebersamaan untuk menentukan kebijakan dan arah politik. Serta memiliki semangat untuk tidak terpecah-pecah.

“Partai-partai Islam ini ke depan, saya kira akan mengembangkan pertemuan-pertemuan informal di antara partai Islam atau partai berbasis umat Islam untuk mencari dasar-dasar yang sama di antara kita,” kata Asrul Sani di Hotel Novotel, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis malam Jumat pada kongres yang berlangsung hingga Sabtu (29/02/2020).

Baca: MUI “Sambut” Usulan Din Bentuk Partai Politik Islam Tunggal

Ia menerangkan, pasti ada perbedaan di antara partai-partai Islam, tetapi tidak semuanya berbeda. Nanti hal-hal yang sama di partai-partai Islam akan diidentifikasi, kemudian disepakati sebagai kebijakan dan sikap dari partai-partai Islam. Terutama untuk menentukan kebijakan terkait dengan pemilu yang akan datang, baik pemilu legislatif maupun pilpres.

Ia menyampaikan, Insya Allah rencana mencari kesamaan di antara partai-partai Islam bisa diwujudkan. Tapi sebetulnya kesepahaman antara partai-partai Islam itu sudah mulai terbangun sekarang.

Asrul juga menanggapi wacana pembentukan partai Islam tunggal yang mengemuka di KUII. Ia mengatakan bahwa semangat, wacana, dan harapan umat Islam tersebut tidak boleh ditutup.

“Tetapi antara wacana dan kemudian wujud realisasi itu kan butuh kesabaran dan perlu waktu,” ujarnya.

Baca: Din Dorong Kongres Umat Islam Lahirkan Parpol Islam Tunggal

Ia menegaskan, pada saat ini meski belum menjadi satu partai Islam, tetapi paling tidak sudah terjadi konfederasi antara partai-partai Islam. Maka diwujudkan dulu pandangan yang sama dan hal-hal yang menyangkut kepentingan umat Islam oleh partai-partai Islam.

Sebelumnya, Ketua Wantim MUI Prof Din Syamsuddin melontarkan usulan mengenai partai politik Islam tunggal pada kongres tersebut.

Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 diselenggarakan pada 26-29 Februari 2020 di Bangka Belitung. Acara yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini dihadiri tidak kurang 800 peserta. Terdiri dari pengurus MUI Pusat hingga daerah, ormas-ormas Islam, perguruan tinggi, pondok pesantren, dan pemangku kebijakan lainnya.* Azim Arrasyid

Laporan ini terlaksana atas kerjasama Dompet Dakwah Media

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Rawan Fitnah, Orangtua Diimbau Masukkan Anaknya ke Pesantren

Rawan Fitnah, Orangtua Diimbau Masukkan Anaknya ke Pesantren

Polri Mengaku Terus Perangi Situs Penyebar Radikalisme

Polri Mengaku Terus Perangi Situs Penyebar Radikalisme

Pelajar Islam Sumbar Demo Tolak Valentine’s Day

Pelajar Islam Sumbar Demo Tolak Valentine’s Day

Shabri sebut Ada yang Menghalangi Reuni 212

Shabri sebut Ada yang Menghalangi Reuni 212

Ketua MUI: Nabi Menjamin Kebenaran Mimpi Bertemu Nabi

Ketua MUI: Nabi Menjamin Kebenaran Mimpi Bertemu Nabi

Baca Juga

Berita Lainnya