Rabu, 20 Januari 2021 / 6 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Total 18 Juta Santri dan 28 Ribu Pesantren di Indonesia

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
[Ilustrasi] Puluhan ribu santri dan ustadz di Masjid Ar-Riyadh, Pondok Pesantren Hidayatullah, Balikpapan, Kalimantan Timur.
Bagikan:

Hidayatullah.com- Berapa jumlah santri se-Tanah Air? Berdasarkan catatan Kementerian Agama, terdapat total sebanyak belasan juta santri dan mendekati angka tiga puluh ribu pondok pesantren di berbagai wilayah se-Indonesia.

Menteri Agama Fachrul Razi mendetailkan, jumlah pesantren hingga tahun 2020 ini tercatat sebanyak 28.194 pesantren dengan 5 juta santri mukim.

“Kalau ditotalkan dengan santri yang bolak balik rumah ke pondok pesantren dan sebaliknya serta taman-taman pendidikan Al-Qur’an dan madrasah, maka jumlah santri kita sebanyak 18 juta orang dengan kurang lebih 1,5 juta tenaga pengajar,” sebut Menag saat menutup acara Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se-Jawa dan Madura di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur kemarin lansir Kemenag pada Jumat (14/02/2020).

Menag pun menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan pondok pesantren di Indonesia selama ini. Menag menilai, pondok pesantren telah memberikan dukungan bagi bangsa dan negara ini, sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Baca: Menag: Pemerintah Tak Bisa Berjalan Baik Tanpa Dukungan Pesantren

Pada kesempatan itu, Menag menyampaikan pesannya kepada santri, bahwa mereka dididik untuk menjadi pemimpin masa depan dengan ilmu agama tinggi dan wawasan kebangsaan yang juga tinggi.

Menag pun berharap bahwa pondok pesantren dan para santrinya semakin maju.

“Secara pribadi, saya selalu yakin bahwa jika pesantren semakin maju maka pasti bangsa ini semakin maju pula,” ujarnya.

Terkait itu, Menag menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kemenag tengah menyiapkan peraturan sebagai turunan Undang-Undang Pesantren.

“Penting saya informasikan bahwa regulasi atau peraturan sebagai turunan UU Pesantren sedang disiapkan Kemenag,” ujar Menag, seraya berharap semoga tahun ini regulasi turunan itu bisa diselesaikan. Harapannya, “segera ada aturan yang benar-benar berpihak kepada kepentingan besar pesantren.”*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

LPPOM MUI Cermati Klaim “100 Persen Halal”

LPPOM MUI Cermati Klaim “100 Persen Halal”

Soal Syiah, FPI Dorong Indonesia Ikuti Jejak Malaysia

Soal Syiah, FPI Dorong Indonesia Ikuti Jejak Malaysia

“Pemberantasan Korupsi Berbasis Kesadaran Masyarakat”

“Pemberantasan Korupsi Berbasis Kesadaran Masyarakat”

Pejabat Suka Selingkuh Kok Mau Sebut “Tauhid Tasawuf”

Pejabat Suka Selingkuh Kok Mau Sebut “Tauhid Tasawuf”

Kivlan Zen: Saya Difitnah, Saya Difitnah

Kivlan Zen: Saya Difitnah, Saya Difitnah

Baca Juga

Berita Lainnya