Selasa, 2 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Nasional

8 Kasus Virus Corona di Inggris, Ini Panduan dan Imbauan KBRI London

KBRI London
Bagikan:

Hidayatullah.com- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris melaporkan bahwa tercatat terdapat 8 kasus penularan coronavirus (virus corona) di Inggris. Pemerintah Inggris telah menaikkan status risiko virus corona dari rendah menjadi menengah.

“Wabah coronavirus dikategorikan sebagai kondisi “serious and imminent threat”,” bunyi panduan tertulis KBRI London untuk WNI kemarin dikutip pada Selasa (11/02/2020).

KBRI London mengatakan bahwa Pemerintah Inggris memiliki kekuatan hukum baru untuk mengkarantina siapapun secara paksa dan mengirim mereka ke dalam isolasi jika dinyatakan oleh tenaga medis memiliki gejala tertularnya virus corona dan dapat menimbulkan ancaman terhadap kesehatan publik.

“Siapa pun yang telah melakukan perjalanan ke Inggris dari daratan Cina, Thailand, Jepang, Republik Korea, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia atau Makau dalam 14 hari terakhir (secara langsung maupun transit) dan mengalami batuk atau demam atau sesak napas, untuk tetap tinggal di dalam ruangan dan menelepon NHS 111, meskipun gejalanya ringan,” sebutnya.

Sementara itu, masih menurut KBRI London, Pemerintah Irlandia memiliki Rencana Kesehatan dan Darurat Umum yang komprehensif untuk menanggapi kasus virus corona.

“15 kasus diduga penularan Coronavirus (2019-nCoV) telah diuji namun tidak ada kasus terkonfirmasi di Irlandia,” sebut KBRI London.

KBRI London juga menjelaskan, siapapun yang mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas agar segera menelepon dokter umum terdekat (jangan mengunjungi klinik) dan informasikan bahwa Anda telah melakukan perjalanan ke Irlandia dari daratan Cina dalam waktu 14 hari terakhir.

“Masyarakat di Irlandia diimbau agar dapat mempelajari langkah-langkah pencegahan coronavirus yang dikeluarkan oleh Health Service Executive dan mengikuti informasi terkini dari Health Protection Surveillance Centre,” sebutnya.

Sebelumnya, KBRI London telah menyampaikan imbauan kepada WNI di Inggris dan Irlandia terkait wabah virus corona.

KBRI London antara lain mengimbau kepada WNI agar selalu meng-update informasi dan perkembangan terkini terkait virus corona serta langkah-langkah pencegahannya melalui saluran resmi kementerian kesehatan dan otoritas setempat lainnya.

“Tetap menjaga kewaspadaan dan senantiasa menjaga kesehatan dalam aktivitas,” imbau KBRI London kepada WNI.

“Sekiranya terdapat kondisi kedaruratan, KBRI London dapat dihubungi melalui kontak layanan darurat +447881221235 atau + 44 77951 054 77,” pungkasnya (27/01/2020) lalu.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Emmanuel Alvino Tersangka Penganiaya Wanita Pembantu Rumah Tangga Diminta Dihukum Berat

Emmanuel Alvino Tersangka Penganiaya Wanita Pembantu Rumah Tangga Diminta Dihukum Berat

Pemerintah akan Bangun Asrama Mahasiswa di Mesir

Pemerintah akan Bangun Asrama Mahasiswa di Mesir

Tunjangan KUA Molor, Berpotensi Membuka Pintu Gratifikasi

Tunjangan KUA Molor, Berpotensi Membuka Pintu Gratifikasi

Investasi Industri Miras

RUU LMB Sudah Masuki Tahap Pembahasan Akhir

Kemristekdikti Janji Lanjutkan Cita-cita Habibie yang Tak Pernah Pudar

Kemristekdikti Janji Lanjutkan Cita-cita Habibie yang Tak Pernah Pudar

Baca Juga

Berita Lainnya