Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Gus Solah Akan Dimakamkan di PP Tebuireng Jombang

ANT
KH. Salahudin Wahid, atau yang akrab disapa Gus Solah
Bagikan:

Hidayatullah.com- Jenazah KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng disemayamkan di rumah duka di Tendean, Jakarta, sejak semalam hingga Senin (03/02/2020) pagi setelah wafat pada Ahad.

Informasi dihimpun hidayatullah.com pada Senin (03/02/2020), jenazah Gus Solah rencananya dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Senin sore.

Tokoh sepuh Nadhlatul Ulama ini meninggal pada usia 77 tahun. Gus Solah dikenal sebagai tokoh yang menjadi rujukan berbagai kalangan dalam persoalan umat dan bangsa.

Di media sosial, kabar duka kepergian Gus Solah menjadi trending topic. Para tokoh nasional dan ormas Islam ramai-ramai menyampaikan belasungkawa atas wafatnya tokoh bangsa tersebut.

Seperti halnya yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Baru saja mendengar kabar duka, Bapak Kiai Salahuddin Wahid telah berpulang ke Rahmatullah. Semoga segala amal ibadah Gus Sholah mendapat ganjaran yang berlimpah dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran. Amin,” tutur Presiden pantauan hidayatullah.com pada akun resminya di media sosial Twitter.

Baca: Gus Solah Wafat

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir turut menyampaikan belasungkawa.

Innalillahi Wa Innailaihi Roji’un turut berduka cita dan bela sungkawa atas wafatnya Tokoh Bangsa, Ulama Kharismatik kita Kiai Haji Salahudin Wahid (Gus Solah) semoga Alm Husnul Khotimah Aamiin,” ungkap Haedar lewat akun resminya @HaedarNs semalam.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada seluruh PWNU, PCNU, Pengurus Lembaga Nahdlatul Ulama, Pengurus Badan Otonom Nahdlatul Ulama serta seluruh warga Nahdliyyin se-Indonesia agar menggelar shalat ghaib dan tahlil yang ditujukan untuk almarhum Gus Solah.

Putra Gus Solah, Irfan Asy’ari Sudirman alias Ipang Wahid merincikan agenda pemakaman sang ayah hari ini:

“Run Down Pemakaman Gus Sholah

08.30 : Jenazah berangkat dari rumah duka di jl Bangka Raya 2C menuju ke HLP

10.00 : Take off dgn Batik Air (special flight)

12.00 : Menuju Ponpes Tebuireng

14.00 : Disemayamkan di Masjid Ponpes

16.00 : Pemakaman,” tulisnya di akunnya @ipangwahid, Senin pagi.

Baca: Gus Solah Kritis di RS Harapan Kita Jakarta

Sementara menurut asisten pribadi Gus Sholah, Amin Zein, setelah jenazah Gus Solah disemayamkan di rumah duka di Tendean, Jakarta, almarhum akan diberangkatkan pada Senin pagi ini sekitar 09.00 WIB menuju Pesantren Tebuireng, Jombang, dengan menggunakan pesawat Hercules.

Jenazah Gus Solah akan dishalatkan dan dimakamkan di Tebuireng sekitar pukul 15.00-16.00 WIB, lalu akan dimakamkan di pemakaman masyayikh dan keluarga Tebuireng.

“Insyaallah akan diberangkatkan ke Tebuireng memakai Hercules pukul 09.00 dan dimakamkan antara pukul 15.00-16.00 WIB,” ujar Amin kutip website resmi Ponpes Tebuireng.

Gus Solah wafat setelah mengalami kritis pada Ahad (02/02/2020) malam di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta sekitar pukul  20.55 WIB.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

PDS Tak Lolos Verifikasi, PKS Mengaku Prihatin

PDS Tak Lolos Verifikasi, PKS Mengaku Prihatin

Mantan Staf Khusus Presiden Ungkap Banyaknya e-KTP Ganda DKI

Mantan Staf Khusus Presiden Ungkap Banyaknya e-KTP Ganda DKI

2.113 Orang Meninggal, Pengungsi Sulteng Butuh Bantuan Mendesak

2.113 Orang Meninggal, Pengungsi Sulteng Butuh Bantuan Mendesak

Puncak Pandemi Ditaksir Tahun Depan, RUU APBN 2021 Harus Fokus Atasi Covid-19 dan Dampaknya

Puncak Pandemi Ditaksir Tahun Depan, RUU APBN 2021 Harus Fokus Atasi Covid-19 dan Dampaknya

Pemalsuan Buku Nikah

Kemenag dan DPR Sepakat Percepat Penyelesaian Masalah KUA

Baca Juga

Berita Lainnya