Rumah Sosial Kutub Gagas Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

"Hasil penjualan 40 persen dan 60 persennya kembali ke warga. Untuk bantu yatim, dhuafa, dan mereka yang membutuhkan"

Rumah Sosial Kutub Gagas Gerakan Sedekah Minyak Jelantah
Niesky/hidayatullah.com
Peluncuran Program Pemberdayaan Lingkungan Kampung Tersenyum di Kantor Kelurahan Pondok Labu, Jl Swakarya Bawah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (29/01/2020).

Terkait

Hidayatullah.com- Sedekah bisa melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan memberikan sesuatu yang sudah tidak dimanfaatkan menjadi berdaya guna untuk masyarakat.

Hal tersebut yang digagas Rumah Sosial Komunitas Tajahud Berantai (Kutub) melalui Program Pemberdayaan Lingkungan Kampung Tersenyum dengan membuat Gerakan Sedekah Minyak Jelantah di wilayah Jakarta Selatan.

“Target tahun ini program ini ada di seluruh kelurahan Jakarta Selatan,” kata Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito, di sela-sela acara acara peluncuran program “Gerakan Sedekah Minyak Jelantah” di Kantor Kelurahan Pondok Labu, Jl Swakarya Bawah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (29/01/2020).

Program ini tidak lain bagian dari pemberdayaan masyarakat dan juga bagian untuk menjaga lingkungan.

“Kampung Tersenyum (Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka) merupakan gerakan mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, hidup bersih, dan hidup berkah melalui gerakan tidak menggunakan minyak goreng secara terus menerus,” tambah Suhito.

Mekanismenya, sambung Suhito, Rumah Sosial Kutub membeli minyak jelantah dari warga lalu dijual ke mitra selanjutnya dijual ke Eropa sebagai bahan biodisel generasi ke-3.

Selanjutnya, hasil penjualan akan dipakai untuk program bermanfaat.

“Hasil penjualan 40 persen dan 60 persennya kembali ke warga. Untuk bantu yatim, dhuafa, dan mereka yang membutuhkan,” ujar Suhito.

Program ini juga didukung sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Kota Jakarta Selatan. Menurut Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, gerakan ini secara tidak langsung menjadi nilai sedekah dan berfaedah bagi warga.

“Bisa bernilai sedekah jariah dan warga juga bisa mendapat tambahan untuk sehari-hari,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji.

Sedangkan, mitra Rumah Sosial Kutub dalam program ini YBM PLN mengatakan bahwa gerakan ini berkaitan dengan program yang dimiliki YBM PLN.

“Kita sinergi dengan Rumah Sosial Kutub karena YBM PLN punya program serupa namanya Dompet Sampah dan ini kerja sama yang baik dan bermanfaat,” ucap Ketua YBM PLN P2B TJBB, Bambang Santoso.

Kegiatan ini juga dihadiri pejabat Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Camat Cilandak, dan Lurah Pondok Labu, Nurul Baiti serta ratusan warga Pondok Labu.*

Rep: Niesky Abdullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !