Wabah Virus Korona

MUI Sumbar Minta Pemerintah Hentikan Kunjungan dari dan ke China

MUI Sumbar menilai, penolakan masyarakat terhadap kunjungan turis yang berasal dari tempat berjangkitnya wabah adalah reaksi yang harus dimaklumi

MUI Sumbar Minta Pemerintah Hentikan Kunjungan dari dan ke China
ahmad damanik/hidayatullah.com
Gusrizal Gazahar, Ketua MUI Sumbar yang juga salah satu dosen di IAIN Bukittinggi, Sumatera Barat, sebelum mengundurkan diri.

Terkait

Hidayatullah.com- Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat (MUI Sumbar) meminta pemerintah baik di pemerintah daerah setempat maupun pemerintah pusat agar melakukan upaya penghentian sementara kunjungan dari dan menuju China, negara sumber mewabahnya virus korona.

“Kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat agar berusaha semaksimal mungkin mempergunakan kewenangan yang ada dan mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk menghentikan sementara kunjungan dari maupun ke China,” ujar Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar di Padang kemarin dalam maklumatnya diterima hidayatullah.com, Rabu (29/01/2020).

Baca: MUI Imbau Umat Makan yang Halal dan Baik Cegah Virus Korona

MUI Sumbar menilai, penolakan masyarakat terhadap kunjungan turis yang berasal dari tempat berjangkitnya wabah adalah reaksi yang harus dimaklumi dan dipahami sebagai ungkapan kegelisahan dan kekhawatiran yang patut untuk disikapi dengan bijak.

“Penolakan masyarakat bukanlah suatu sikap yang mengandung unsur SARA karena wabah yang sedang melanda suatu daerah adalah real adanya dan menimpa siapa saja di daerah itu. Islam ketika menuntut isolasi atas daerah yang terjangkiti oleh wabah penyakit menular tidak membedakan antara Ras, Suku, dan Agama,” jelas Gusrizal.

Apabila pemerintah tidak mengambil sikap apapun terkait kondisi yang terjadi, maka MUI Sumbar mengimbau masyarakat untuk menjauhi berinteraksi dengan orang-orang yang berasal dari daerah tempat berjangkitnya wabah tersebut.

Baca: Pemerintah Akui Tak Bisa Leluasa Pasok Kebutuhan WNI di Wuhan

“Kepada masyarakat agar senantiasa menjaga diri dengan langkah-langkah yang diarahkan oleh pihak terkait dan berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala. sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung denganMu dari kehilangan nikmat-Mu, perubahan kesehatan, kecelakaan secara tiba-tiba dan seluruh kemurkaan-Mu”. (HR. Muslim),” imbauan lainnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !