Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

MUI Imbau Umat Makan yang Halal dan Baik Cegah Virus Korona

skr/hidayatullah.com
Waketum MUI Zainut Tauhid Sa’adi
Bagikan:

Hidayatullah.com– Majelis Ulama Indonesia menyampaikan keprihatinan yang sangat mendalam terhadap munculnya fenomena wabah virus korona yang menyebar di Kota Wuhan, China.

Sampai Rabu (29/01/2020) siang virus korona menelan korban jiwa setidaknya 131 orang dan kemungkinan besar akan terus bertambah.

Terkait wabah tersebut, MUI meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan kepada warga negara Indonesia yang masih berada di wilayah Wuhan dan daerah terpapar virus korona lainnya, agar mereka mendapat perlindungan kesehatan dan keselamatan jiwanya.

“Jika dimungkinkan dan sesuai dengan prosedur keselamatan dan standar kebijakan pemerintah setempat, maka langkah evakuasi harus segera dilaksanakan agar warga negara Indonesia dapat selamat,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi dalam pernyataan tertulisnya diterima hidayatullah.com Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Baca: Virus Korona Diduga Menular Lewat Kontak Langsung

MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menaati anjuran Pemerintah melalui travel warning untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang terpapar virus korona.

Demikian pula sebaliknya, tambah Zainut, untuk sementara waktu menolak kunjungan warga negara asing yang ingin masuk ke Indonesia, yang wilayahnya sedang diisolasi karena terpapar virus korona.

“Hal ini semata untuk mencegah terjadinya penyebaran virus korona di Indonesia,” imbuh Zainut yang juga Wakil Menteri Agama.

Untuk hal itu, MUI meminta kepada pihak imigrasi di bandara dan pelabuhan di seluruh Indonesia untuk melakukan tes kesehatan secara ketat, untuk memastikan para penumpang pesawat baik yang datang maupun berangkat dari luar negeri terbebas dari virus korona.

Baca: Menkes: Imunitas Tubuh Daya Tangkal Utama Hadapi Virus Korona

Di samping itu, terkait upaya mencegah penyebaran virus korona, MUI mengimbau kepada umat Islam dan seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan. Yaitu, katanya, dengan berberilaku hidup bersih dan sehat, serta mengonsumsi makanan yang halal dan baik.

MUI juga mengimbau umat dan masyarakat agar membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan, istirahat yang cukup dan berolah raga untuk tetap menjaga stamina dan imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit.

“Jika ada gejala sakit segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit agar segera diobati,” imbuhnya berpesan.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MTP Tak Puas Vonis atas Ariel Paterpan

MTP Tak Puas Vonis atas Ariel Paterpan

Gubernur Sumbar Buka Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika

Gubernur Sumbar Buka Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika

Bahas Profesionalisme Dakwah, Pos Dai Jatim Gelar Rakorwil ke-3

Bahas Profesionalisme Dakwah, Pos Dai Jatim Gelar Rakorwil ke-3

Aktivis Tionghoa: Di Bawah Rezim Jokowi-Ahok, Laporan MUI Terkesan ‘Diabaikan’ Polisi

Aktivis Tionghoa: Di Bawah Rezim Jokowi-Ahok, Laporan MUI Terkesan ‘Diabaikan’ Polisi

Hentikan Mujahidin Suriah, Media Israel Puji Jokowi

Hentikan Mujahidin Suriah, Media Israel Puji Jokowi

Baca Juga

Berita Lainnya