366 Buku Nikah Dicuri, Kemenag Lakukan Identifikasi

“Isi (surat edaran)nya, bahwa buku dengan nomor seri dimaksud sudah tidak berlaku"

366 Buku Nikah Dicuri, Kemenag Lakukan Identifikasi
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Buku nikah.

Terkait

Hidayatullah.com- Entah apa modus sang pelaku. Sebanyak 366 buku nikah dicuri dari Kantor Urusan Agama (KUA) Deket, Lamongan, Jawa Timur.

Menyikapi itu, Kementerian Agama segera melakukan koordinasi dan pengidentifikasian terhadap nomor seri 366 buku nikah yang dicuri itu.

Setelah teridentifikasi, Kemenag kemudian membuat surat edaran kepada kantor-kantor wilayah (Kanwil) dan kantor kemenag (Kankemenag) kabupaten/kota yang menyatakan bahwa buku nikah yang dicuri itu tidak berlaku lagi.

“Isi (surat edaran)nya, bahwa buku dengan nomor seri dimaksud sudah tidak berlaku,” ujar Kasubdit Bina KUA Ditjen Bimas Islam Kemenag, Anwar di Jakarta kemarin.

Baca: Bimas Islam: Gratis, Ganti Buku Nikah yang Hilang/Rusak karena Banjir

Dilaporkan Kemenag lewat website resminya pada (21/01/2020), pencurian 366 buku nikah KUA Deket itu diketahui pada hari Ahad (19/01/2020) ketika salah seorang pegawai, Siti Muzayamah, bekerja lembur.

Sesampainya di KUA, Siti Muzayamah mendapati pintu belakang kantor sudah terbuka. Setelah melakukan pengecekan, ternyata pintu ruang Kepala KUA turut dirusak dan almari penyimpanan arsip tampak terbuka.

Anwar mengatakan, pihaknya kemudian segera berkoordinasi dengan KUA Deket untuk mengidentifikasi nomor seri buku nikah tersebut. Sementara kasusnya dilaporkan ke kepolisian, pihaknya juga mengidentifikasi nomor seri buku nikah yang telah dicuri.

Baca: Kemenag Jelaskan Fungsi Kartu Nikah

Ia menjelaskan, buku nikah yang dibagikan ke KUA telah dilengkapi dengan nomor seri. Nomor seri buku nikah yang terdistribusikan ke KUA juga tercatat di Kantor Kemenag. Sehingga, nomor berapa saja buku nikah yang dicuri, bisa diidentifikasi.

KUA atau Kemenag Lamongan pun segera menyampaikan laporan detail kepada Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, tentang jumlah buku yang hilang berikut nomor serinya.

Kasus serupa pernah terjadi sebelumnya di KUA Siman, Ponorogo, Jawa Timur, Desember 2019. Saat itu, sebanyak 200 buku nikah raib digondol pencuri. Selain membawa ratusan buku nikah, pencuri juga mencolong 3 buku nikah duplikat dan sebuah amplop.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !