Pemprov DKI Jakarta Dapat Penghargaan Internasional Bidang Transportasi

Gubernur Anie Baswedan mengatakan, "Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan"

Pemprov DKI Jakarta Dapat Penghargaan Internasional Bidang Transportasi
Instagram Anies Baswedan
Perwakilan Pemprov DKI Jakarta pada acara Penganugerahan STA 2020 di Walter E. Washington Convention Center, AS Selasa (14/01/2020).

Terkait

Hidayatullah.com– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan internasional Honorable Mention di ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020, di Washington DC., Amerika Serikat.

STA diketahui merupakan ajang penghargaan bagi kota-kota dunia yang mengimplementasikan strategi inovatif dalam isu transportasi perkotaan berkelanjutan seperti sistem transportasi massal, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda, serta manajemen parkir.⁣

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucap rasa syukurnya kepada Allah atas penghargaan yang diperoleh DKI Jakarta tersebut.

“Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih Penghargaan Honorable Mention” di ajang Sustainable Transport Award 2020, di Washington DC,” ujar Anies, Jumat (17/01/2020) pantauan hidayatullah.com melalui akun media sosial resminya.

Anies menjelaskan, Honorable Mention diberikan atas pihaknya dalam memperluas sistem BRT, Transjakarta, integrasi antarmoda transportasi (JakLingko), dan peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. “Serta kenaikan pesat jumlah penumpang TransJakarta hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun,” imbuh mantan Mendikbud ini.

“Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan. Kita masuk dalam putaran final bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Jakarta menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda),” papar Anies.

“Hingga akhirnya Jakarta dianugerahi Honorable Mention. Juara STA 2020 tahun ini memang Pune. Tapi sejak penilaian selesai justru kita lebih semangat lagi lakukan perbaikan, misal penambahan rute JakLingko, integrasi antarmoda semakin baik, penambahan jalur sepeda, complete streets diperbanyak, dan Pemprov DKI baru saja memulai kerja sama dengan PT KAI untuk integrasi dan penataan stasiun Jabodetabek,” sambungnya.

Anies menilai, pengakuan global itu merupakan bonus bagi semua pihak.

“Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan. Terima kasih kepada teman-teman yang telah ikut menjadi bagian dari perubahan di Jakarta,” tuturnya.

Baca: Gubernur Anies Beri Hibah Rp 400 Miliar untuk Guru Agama

Secara terpisah, Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, mengatakan bahwa penghargaan yang telah diperoleh DKI ini merupakan hasil dari kolaborasi antara pemprov, warga, dan pihak swasta. Penganugerahan STA 2020 berlangsung di Walter E. Washington Convention Center, AS pada Selasa (14/01/2020) pekan ini.

Sementara sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengapresiasi penghargaan Honorable Mention yang diterima Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Menurut penilaian Ketua komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Azis, penghargaan itu menandakan adanya sinergisitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat pada bidang transportasi, dimana keduanya sama-sama berwenang dalam mengelola transportasi.

“Kami salut sampaikan salut untuk Pak Gubernur dan seluruh jajaran. Ini membuktikan semua yang telah dikerjakan sudah on the track, dalam sinergi yang sinkron untuk mewujudkan blue print transportasi terintegrasi,” ujarnya pada Kamis (16/01/2020) sebagaimana keterangan resmi PPID DKI Jakarta.

Walau begitu, Azis mengingatkan agar capaian itu tak membuat Pemprov DKI merasa terlena, sebab masih banyak juga yang harus diselesaikan. Misalnya, kata dia, meningkatkan kenyamanan, kemudahan dan keamanan transportasi umum dengan sistem yang lebih memadai. “Kita ingin lebih banyak lagi masyarakat yang mau beralih dari kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi umum,” ujarnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !