UAS Raih Doktor di Sudan dengan Disertasi “Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari dalam Penyebaran Hadits di Indonesia”

UAS menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak pihak

UAS Raih Doktor di Sudan dengan Disertasi “Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari dalam Penyebaran Hadits di Indonesia”
Istimewa
Ustadz Abdul Somad (UAS) meraih doktor di Oumdurman Islamic University, Sudan, Selasa (24/12/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Walaupun mundur dari pegawai Kementerian Agama (Kemenag) sebagai dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Pekanbaru, Riau, namun Ustadz Abdul Somad (UAS) menuntaskan pendidikan tingkat doktornya di Oumdurman Islamic University, Sudan, Selasa (24/12/2019).

Dai kondang asal Asahan, Sumatera Utara itu menyelesaikan ujian sidang promosi doktornya dengan nilai ‘Mumtaz’ (Cum Laude), pada sidang promosi doktor yang berlangsung di ruang sidang Kantor Lembaga Riset Oumdurman Islamic University itu.

Pada sidang UAS tersebut, yang menjadi supervisor adalah Syeikh Dr Omar al-Ma’ruf Ali. Sebagai penguji dari kalangan eksternal yaitu Ketua jurusan Hadits di International University of Africa, Syeikh Dr Haidar Idrus Ali.

Sebagai penguji dari kalangan internal adalah Guru Besar Hadits Oumdurman Islamic University, Syeikh Dr Iwadh al-Karim Husain Miraf.

Dalam disertasinya, UAS mengangkat judul “الشيخ محمد هاشم اشعري وجهوده في نشر السنة باندونيسيا Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari Dalam Penyebaran Hadits di Indonesia.”

Setelah selesai ujian tersebut, UAS menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak pihak.

Pertama, ucapan terima kasih kepada Duta Besar RI di Sudan Drs Rossalis Rusman Adnan dan istrinya serta keluarga besar KBRI Khartoum.

Kedua, kepada Dr KH Muhammad Afifuddin Dimyathi Lc MA yang telah mengirimkan kitab-kitab Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari.

Ketiga, kepada Dr Zul Ikromi dan Budi yang telah mengurus pendaftaran ke Sudan. Kempat kepada Ustadz Zulkifli yang membantu urusan selama di Sudan, serta kepada para sahabat UAS yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada semuanya,” tulis UAS dalam keterangan tertulis diterima hidayatullah.com, Rabu (25/12/2019).

Sementara itu, gelar doktor yang diraih UAS mendapat apresiasi dan sambutan dari warga masyarakat termasuk pengguna media sosial.

“Luar biasa, beliau (UAS) sudah menguasai banyak ilmu tidak berhenti untuk belajar,” tulis Arbani di grup WA, Rabu.

“Alhamdulillah.. tahniah duktuur,” tulis @henrishalahuddin mengomentari unggahan UAS di Instagram.

“Selamat tuan guru gelar doktornya semoga tambah berkah ilmunya❤️,” tulis @syahril.an_nhasty.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !