Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Anies Siap Fasilitasi IPHI Bangun Kemandirian Pangan

Abdul Mansur J/hidayatullah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pembukaan Rakernas ke-15 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dalam sambutannya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-15 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Ketua IPHI Ismed Hasan menjelaskan mengenai program IPHI yang sedang berusaha masuk ke sektor pangan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik program IPHI, salah satunya program di sektor pangan. Anies mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap memfasilitasi program tersebut.

“Saya menyambut baik penyelenggara Raker IPHI. Ini diharapkan bisa memunculkan program-program sesuai dengan pontesi yang dimiliki,” kata Anies dalam sambutannya pada acara pembukaan Rakernas IPHI ke-15 itu di Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Baca: Wakil Rakyat Minta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Petani

Ia mengatakan, jamaah haji merupakan orang-orang yang secara kemampuan telah bisa menjalankan ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam. Pun, potensi ekonomi dan jaringan mereka miliki.

“Harapannya, program yang dibuat bisa bermanfaat untuk masyarakat. Khususnya tadi pangan IPHI mau fokuskan ke pangan kami apresiasi,” kata Anies.

Alasannya, menurut Gubernur Anies, tantangan masa depan adalah masalah ketimpangan khususnya ketimpangan pangan. Ia mengatakan, masalah ketimpangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan harus ada peran serta masyarakat untuk bersama mengatasi itu.

“Salah satu tantangan besar adalah ketimpangan. Ketimpangan ini tidak hanya sekadar pemerintah saja, justru perlu kerja keumatan kita semua. Seperti yang disampaikan Bapak Ismed, rutenya jelas justru membangun kemandirian, nomor satu paling dasar pangan.

Ini salah satu yang penting IPHI lewat programnya bisa membuat jalur alternatif untuk proses dari tempat produksi ke tempat konsumsi dengan harga yang terjangkau, insyaAllah biaya hidup khususnya pangan akan bisa diselesaikan oleh IPHI,” ujarnya.

Baca: Gelar Rakernas ke-15, IPHI Siap Masuk ke Sektor Pangan

Anies juga mengatakan, Pemprov DKI siap bekerja sama dengan IPHI. Nantinya produk-produk IPHI akan difasilitasi oleh PD Pasar Jaya.

“Jakarta siap untuk kerja sama dengan IPHI untuk menyerap hasil-hasil yang mereka hasilkan. Dan sudah komunikasi dengan PD Pasar Jaya. Nanti dengan Pasar Jaya bisa difasilitasi,” sebutnya.

Ismed berharap ke depan IPHI bukan hanya sekadar mempunyai produk-produk pangan, namun juga memiliki pabrik, salah satunya pabrik air minum.* Abdul Mansur J

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Islam Dunia

Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Islam Dunia

kerumunan polri

Pengacara IA: Ada Upaya Perbuatan Mulia Ditarik-tarik Supaya Jahat

Penjelasan Sekjen PBNU soal Status Nusron Wahid

Penjelasan Sekjen PBNU soal Status Nusron Wahid

Delegasi Indonesia Masuk Gaza Lewat Gerbang Rafah

Delegasi Indonesia Masuk Gaza Lewat Gerbang Rafah

Lebih 900 Korban Tewas, Indonesia Jangan Telat Antisipasi Virus Corona 

Lebih 900 Korban Tewas, Indonesia Jangan Telat Antisipasi Virus Corona 

Baca Juga

Berita Lainnya