Viral Foto Pria Bugil di Google Maps Protes Syariat Islam di Aceh

Kemunculan foto itu mengundang reaksi kecaman masyarakat Aceh

Viral Foto Pria Bugil di Google Maps Protes Syariat Islam di Aceh
Istimewa

Terkait

Hidayatullah.com– Viral munculnya gambar seorang pria telanjang pada Google Maps. Pantauan hidayatullah.com pada Senin (04/11/2019), kemunculan gambar tersebut membuat heboh warganet.

Gambar beredar seorang pria itu tampak berswafoto di pinggir pantai tanpa berpakaian, cuma memakai topi. Di tangan pria tersebut tertulis “protest sharia law” atau protes terhadap penerapan syariat Islam di Negeri Serambi Makkah.

Foto bugil itu muncul di Google Maps saat diketik nama Kota Banda Aceh dan Aceh. Foto tak senonoh itu muncul di layanan street view secara otomatis.

Informasi dihimpun, aksi pria yang diduga warga negara asing (WNA) itu sempat terlihat di layanan Google Maps sejak Senin (04/11/2019) dinihari hingga pagi sekitar pukul 10.10 WIB. Informasi kemunculan foto pria telanjang tersebut di layanan Google Maps mulanya beredar di grup-grup WhatsApp pada Senin dinihari (04/11/2019). Pada Senin pagi ramai beredar di media sosial.

DPR Aceh meminta Pemkot Banda Aceh menyurati Google agar perusahaan raksasa tersebut mengusut kasus ini. Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (04/11/2019), mengatakan bahwa pihaknya mengutuk keras kejadian tersebut.

Menurutnya, tampilnya foto itu mengindikasikan adanya pelecehan terhadap Aceh yang telah bersepakat dan berkomitmen untuk menjadikan syariat Islam sebagai jalan kehidupan.

Kemunculan foto itu mengundang reaksi kecaman masyarakat Aceh. Sebab, foto bugil itu dinilai telah menghina Aceh. Sebelumnya, Google sempat berurusan dengan masyarakat Aceh karena konten Google Translet yang mengandung kata-kata rasis ketika dimasukan nama Aceh.

Layanan yang bermarkas di Amerika Serikat ini kembali menghebohkan publik Aceh terutama kalangan warganet.

Warga Kota Banda Aceh, Senin (04/11/2019), menyatakan bahwa foto itu sudah sangat menghina masyarakat Aceh. Ia mengatakan bahwa warga Aceh tidak menerima tampilnya foto itu, apalagi ada kata-kata protes terhadap penerapan syariat Islam.

“@Google_IDN Tolong di perbaiki admin gambar citra satelit yang letaknya di kawasan Banda Aceh, disana ada gambar yang tidak senonoh tertangkap citra satelit google maps. Banda Aceh itu kota icon islami loh, saya keberatan saja kalau gambar itu di munculkan,” kicau akun Cut Ricky Firsta Rijaya @TcutRicky2403_, Senin (04/11/2019).* SKR/dari berbagai sumber

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !