Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Wapres Ma’ruf “Titip” Menteri Seperti ini ke Jokowi

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih menteri yang dapat bekerja dengan baik.

“Saya kira kriterianya sudah ditetapkan dan saya mendukung kriteria itu, ada yang dari parpol, ada yang dari profesional. Juga yang mampu melakukan eksekusi; bukan hanya bekerja tapi bisa melakukan eksekusi-eksekusi,” tegas Wapres Ma’ruf di sela-sela kunjungan kerjanya ke Tokyo, Jepang, Selasa (22/10/2019).

Wapres Ma’ruf menitip harapan kepada Jokowi agar memilih menteri-menteri yang berasal dari tokoh muda dan kreatif untuk mengisi kabinet baru pemerintahan periode 2019-2024.

Baca: Menteri Kabinet Jokowi Harus Berkompeten

Ma’ruf pun mendukung seluruh kriteria menteri yang ditentukan Presiden Jokowi di pemerintahannya, baik itu dari kalangan partai politik maupun profesional.

“Saya kira akan dipilih orang-orang yang ditempatkan sesuai dengan tempatnya. Diharapkan terutama dari tokoh-tokoh muda, tokoh-tokoh kreatif, inovatif karena ini dibutuhkan kerja yang inovatif,” ujar Ma’ruf kutip INI-Net.

Baca: Pakar: Jangan Sampai Kabinet Jokowi Hasil ‘Bagi-bagi Kue’ 

Sementara itu diketahui, hingga Selasa siang, sedikitnya 12 tokoh telah berdatangan ke Istana Kepresidenan di Jakarta dalam rangka memenuhi panggilan Presiden Jokowi terkait posisi menteri di kabinet baru.

Pada Selasa (22/10/2019) pagi, Presiden Jokowi memanggil Menteri Keuangan periode 2014-2019 Sri Mulyani Indrawati serta politikus Partai Nasdem Yasin Limpo.

Baca: Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Diminta Komitmen Tunaikan Janji

Sebelumnya, Senin (21/10/2019), Jokowi sudah memanggil 12 tokoh. Yaitu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mahfud MD, mantan CEO Gojek Nadiem Makarim, mantan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama, Pendiri Mahaka Group Erick Thohir, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara periode 2014-2019 Pratikno, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo, Komisaris PT Adhi Karya Fajrul Rachman, dan staf khusus Mensesneg Nico Harjanto.

Rencananya, Presiden Jokowi akan memilih dan mengumumkan nama-nama menteri kabinet baru di pada Rabu (23/10/2019).*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Jatim Juga Tolak Terowongan Masjid Istiqlal-Gereja Katedral

MUI Jatim Juga Tolak Terowongan Masjid Istiqlal-Gereja Katedral

Mushalla Hancur Kena Gempa, Warga Berharap Segera Dibangun Lagi

Mushalla Hancur Kena Gempa, Warga Berharap Segera Dibangun Lagi

Pengakuan Aparat: Imigran Bisa Naik Pesawat, Teriak “Ya Husein, Ya Husein”

Pengakuan Aparat: Imigran Bisa Naik Pesawat, Teriak “Ya Husein, Ya Husein”

Beli Indonesia: Penting Membangun Pasar Bagi Pelaku Usaha Dalam Negeri

Beli Indonesia: Penting Membangun Pasar Bagi Pelaku Usaha Dalam Negeri

kesehatan syariah

Wapres Berharap Para Dai Sampaikan Imbauan Pemerintah Cegah Corona

Baca Juga

Berita Lainnya