Kamis, 28 Oktober 2021 / 21 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

PKS Mancanegara Galang Rp150 Juta untuk Korban Karhutla

Istimewa
Imran Mansur, simpatisan PKS di Malaysia, menjumpai Hendry Munif, Ketua DPW PKS Riau di kantor DPW PKS Riau untuk menyerahkan bantuan dari simpatisan PKS dan masyarakat Mancanegara, Rabu (02/10/2019).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Selama dua pekan baru-baru ini, kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di negara-negara Asia Pasifik menggalang dana bantuan korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dana hasil penggalangan itu kemudian diserahkan oleh Imran Mansur, salah seorang simpatisan PKS yang tinggal dan bekerja di Malaysia, kepada Ketua DPW PKS Riau, Hendry Munif, secara simbolis pada Rabu (02/10/2019).

Bantuan itu diserahkan mewakili Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS se-Asia Pasifik, meliputi di antaranya Jepang, Australia, Taiwan, Korea Selatan, Brunei, China, dan Malaysia. Program bantuan ini dijalankan sesuai arahan Koordinator Wilayah Asia Pasifik Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri DPP PKS, Dr Teddy Surya Gunawan.

Hendry Munif Ketua DPW PKS Riau menyambut kedatangan Imran dan menyatakan menerima sumbangan tersebut dengan suka cita dan sangat berterima kasih sekali.

Baca: PKS: Pemerintah Belum Serius Tanggapi Masalah Mengerikan Karhutla

Hendri Munif mengatakan, sejak dibuka posko kesehatan untuk korban kabut asap 2019 pada tanggal 9 September sehingga saat ini tercatat sebanyak 1.347 kepala keluarga telah berkunjung dan 265 yang telah mengungsi di posko kesehatan PKS Riau. Adapun pasien yang telah diobati di posko tersebut sampai hari ini mencapai 1267 orang.

Dana yang terkumpul dari penggalangan tersebut, jelas PKS Malaysia, berjumlah lebih dari Rp 150 juta, serta 70 tabung oxycan.

Selain dari kader dan simpatisan PKS, bantuan yang berhasil digalang itu berasal juga warga negara lokal yang mempercayakannya kepada PKS.

Baca: BMH Bantu Korban Asap Karhutla di Lima Provinsi

Ali menuturkan, seorang WNI di Kuala Lumpur yang tidak mau disebutkan namanya menceritakan bagaimana kondisi di Kuala Lumpur yang saat itu sudah mencapai 170-an IPUnya.

“Dan menara KLCC tidak nampak, sekolah diliburkan, tapi begitu lihat di Pekanbaru di atas 300, naluri peduli mereka seperti memberontak, bagaimana bayi dan ibu-ibu di sana maka mereka pun menggalang donasi dan disampaikan melalui PKS di Riau,” ujar Ketua PKS Malaysia Ali Sophian kepada hidayatullah.com, semalam, Kamis (03/10/2019) dalam siaran persnya.

Imran Mansur menyebut bahwa PKS berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang ditimpa musibah banjir, longsor, gempa bumi.

“Relawan PKS dalam waktu singkat telah hadir di lapangan. Karhutla yang melanda kali ini, khususnya di Riau, kantor DPW PKS Riau pun disulap menjadi “rumah sakit” bagi korban kabut asap yang pekat dan lama. Ratusan jiwa dilayani di posko ini. Posko yang sempat viral di media ini menjadi rujukan bantuan dari berbagai donator,” sebutnya.

Ali menyatakan, kepedulian terhadap nasib saudara sebangsa dan setanah air merupakan salah satu bukti kader dan simpatisan PKS menghayati tagline PKS “Berkhidmat untuk rakyat”.

“Dan semoga kader dan relawan PKS di tanah air maupun di luar negeri akan senantiasa komitmen dengan tagline ini,” pungkasnya.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Dinilai Menistakan Agama, Bramantyo Dilaporkan MMI

Dinilai Menistakan Agama, Bramantyo Dilaporkan MMI

Goenawan dan Ulil Kecewa Pembubaran Acara Irshad Manji

Goenawan dan Ulil Kecewa Pembubaran Acara Irshad Manji

Akhir Tahun 2016, Kesadaran Umat Berzakat Diyakini Meningkat Signifikan

Akhir Tahun 2016, Kesadaran Umat Berzakat Diyakini Meningkat Signifikan

Sekjen PBNU Ajak Masyarakat Pilih Caleg Bersih dari Korupsi

Sekjen PBNU Ajak Masyarakat Pilih Caleg Bersih dari Korupsi

Salah Tangkap, Densus Lepas Dua Warga Muhammadiyah

Salah Tangkap, Densus Lepas Dua Warga Muhammadiyah

Baca Juga

Berita Lainnya