Wapres JK: Teknologi Bermanfaat Tapi Bisa Picu Kerusuhan

"Maka pesantren ini juga harus mengajarkan teknologi dan infomasi untuk hal-hal positif"

Wapres JK: Teknologi Bermanfaat Tapi Bisa Picu Kerusuhan
Dok Staff Khusus Gubernur Papua
Bangunan hangus terbakar ketika kerusuhan di Wamena, Kabupaten, Jayawijaya, Papua, Senin (23/09/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Berbagai kerusuhan terjadi belakangan ini di berbagai daerah di Indonesia. Baik kekerasan di Jakarta maupun di tanah Papua dan sebagainya yang telah menelan banyak korban jiwa dan luka-luka bahkan hilangnya harta benda.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, di antara yang dapat memicu terjadinya kerusuhan adalah teknologi, meskipun di sisi lain teknologi juga memberikan manfaat.

“Modernisasi bisa positif bisa negatif. Tapi teknologi juga bisa menyebabkan kerusuhan,” ujar Wapres JK dalam ceramahnya di Pondok Modern Darussalam Gontor, Kamis (03/10/2019), pada acara peresmian Gedung CIE Unida, Ponorogo, Jawa Timur.

“Maka pesantren ini juga harus mengajarkan teknologi dan infomasi untuk hal-hal positif,” tambahnya.

Baca: Lebih 8.000 Warga Mengungsi dari Wamena ke Jayapura

Oleh karena itu, Wapres JK berpesan semua pihak khususnya kalangan pondok pesantren agar mampu beradaptasi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Sekarang tiap kita untuk membaca atau membaca al-Qur’an tidak perlu bawa al-Qur’an, semua modernisasi ini mengunguntungkan kita semua,” ujarnya.

Baca: JK: Pendidikan Jangan Bangga Masa Lalu seperti Museum

Terkait Pondok Gontor, JK mengatakan komitmennya terhadap pesantren tersebut.

“Saya, keluarga, bapak, dan adik saya tetap akan tetap berpartisipasi kemajuan gontor. Saya ikut mendirikan Gontor di Poso. InsyaAllah akan mendirikan gontor di Makassar yang sempat tertunda, agar bisa membantu kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Lebih dari 30 orang meninggal dunia akibat demonstrasi berujung kerusuhan di Wamena pada Senin (23/10/2019) lalu, yang juga menyebabkan kerusakan bangunan rumah warga, kantor, kios, dan fasilitas umum.

Sejumlah korban jiwa juga berjatuhan saat demonstrasi berujuk bentrokan pecah di Kendari, Sulawesi Tenggara baru-baru ini.*

Rep: Ahmad

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !