575 Anggota DPR Bersumpah Sesuai Agama Masing-masing

"Saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya..."

575 Anggota DPR Bersumpah Sesuai Agama Masing-masing
Suasana pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (01/10/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Dalam rangkaian acara pelantikan para wakil rakyat, Selasa (01/102019), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) Hatta Ali memimpin langsung pengucapan sumpah janji anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024.

Sekitar 575 anggota DPR mengikuti pembacaan sumpah berdasarkan agama masing-masing di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

“Apakah saudara bersedia diambil janji dan sumpahnya berdasarkan keyakinan masing-masing?” ujar Hatta Ali kepada para legislator terpilih.

Baca: Mengundang Kecurigaan Jika DPR Ngotot Sahkan RUU P-KS

Berikut petikan pembacaan sumpah yang dibacakan:

“Demi Allah saya bersumpah bagi saudara beragama Islam, demi Tuhan saya berjanji bagi saudara beragama Kristen bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan UUD NKRI 1945 bahwa saya;

Dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI.”

Baca: Banyak PR Menanti DPR Periode 2019-2024

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya tiba di Gedung Nusantara DPR Jakarta, Selasa pagi, untuk menghadiri pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024.

Jokowi tiba bersama Wapres M Jusuf Kalla di Gedung Nusantara DPR Jakarta sekitar pukul 09.30 WIB.

Jokowi, Iriana, Wapres Jusuf Kalla dan istri Mudidah Jusuf Kalla tiba berbarengan setelah menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Jakarta Timur.* (INI-Net/Antaranews)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !