Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

MUI Minta Polisi Melindungi Mahasiswa yang Demonstrasi

Alamsyah
Aparat kepolisian berjaga-jaga saat demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (24/09/2019).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dr Anwar Abbas mengatakan, salah satu tugas utama polisi adalah menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Polisi adalah elemen dari masyarakat yang mengemban tugas suci dan mulia dari negara yang tugasnya termasuk menghadapi demonstrasi-demonstrasi dengan aman tanpa kekerasan.

“Pihak kepolisian jangan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan tugas dan misi negara tersebut apalagi yang melakukan demo itu adalah mahasiswa dan anak-anak kita yang juga memiliki hak untuk dilindungi bukan ditembaki, digebuki, ditendang, dan diinjak-injak. Kita tidak bisa menerima cara-cara demikian,” ujar Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Dr Anwar Abbas dalam pernyataanya, Rabu (25/09/2019).

Baca: JPRMI Mengecam Oknum Polisi Masuk Masjid Pakai Sepatu

Salah satu Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini resah dengan cara-cara keras yang dilakukan oleh beberapa oknum dari pihak kepolisian tersebut yang dinilai telah mengakibatkan jatuhnya korban.

“Kita sangat menyesalkan dan menyayangkan hal itu terjadi. Kita mengimbau kepada pihak kepolisian agar lebih soft, dan lebih memilih cara-cara yang lebih baik di dalam menghadapi tuntutan dari anak-anak muda bangsa ini,“ tambahnya.

Baca: Fahira: Negara ini Sedang Tidak Tentu Arah

“Kita sebagai orang tua harus sadar bahwa negeri ini bukan hanya milik kita saja tapi juga milik mereka. Mereka juga punya hak untuk bicara dan untuk ikut menentukan arah dan perjalanan dari bangsa ini ke depan.”

Dengan menempuh cara-cara kekerasan dan tindak yang melampaui batas dalam menghadapi pengunjuk rasa, hanya akan melahirkan dendam di antara kita dan itu tidak baik bagi perkembangan bangsa ini kedepannya, tambahnya.*

Rep: Ahmad
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Soal Krisis Mesir, Prihatin Saja Tidak Cukup

Soal Krisis Mesir, Prihatin Saja Tidak Cukup

Senator DKI: Kenapa DPRD Tak Kunjung Setujui Pelepasan Saham Bir?

Senator DKI: Kenapa DPRD Tak Kunjung Setujui Pelepasan Saham Bir?

Ormas Aceh Tolak Komunitas Punk

Ormas Aceh Tolak Komunitas Punk

SBY Minta TV Meliput apakah Tendanya seharga 15 M

SBY Minta TV Meliput apakah Tendanya seharga 15 M

Ribuan Polisi Jaga Aksi Tolak RUU HIP di DPR

Ribuan Polisi Jaga Aksi Tolak RUU HIP di DPR

Baca Juga

Berita Lainnya