DPR: Peretasan Website Kemendagri Jangan Terus Berulang

“Sebelumnya kan sudah ada kejadian yang sama ketika situs dukcapil juga diretas tanggal (16/07/2019)," sebut Mardani.

DPR: Peretasan Website Kemendagri Jangan Terus Berulang
Istimewa
[Ilustrasi] Website Kemendagri diretas.

Terkait

Hidayatullah.com– Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera meminta Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) memperkuat keamanan situs dan servernya. Ia mengatakan hal tersebut lantaran mendapatkan kabar situs Kemendagri diretas oleh peretas.

“Kemendagri harus segera meningkatkan layanan keamanan jaringan internetnya terlebih lagi servernya agar mengurangi resiko di-hack kembali,” ujar Mardani, Senin (23/09/2019) dalam siaran persnya kepada hidayatullah.com di Jakarta.

Legislator Fraksi PKS ini mengatakan, jangan sampai kejadian tersebut terus berulang.

“Sebelumnya kan sudah ada kejadian yang sama ketika situs dukcapil juga diretas tanggal (16/07/2019),” sebut Mardani.

Ia meminta agar jangan sampai peretasan tersebut mengganggu pelayanan publik. “Jangan sampai kejadian ini mengganggu pelayanan publik karena publik tidak bisa mengakses situs www.kemendagri.go.id,” ujarnya.

Anggota DPR asal Dapil Jakarta Timur ini pun minta pihak terkait segera memulihkan situs Kemendagri.

“Saya berharap Kemendagri segera memulihkan situ Kemendagri agar kembali normal dan meningkatkan keamanan datanya agar kejadian ini tidak terus berulang,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, situs Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diretas dan sempat tertulis pesan duka untuk kondisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Situs resmi itu dihajar peretas pada Ahad (22/09/2019). Hingga berita ini dimuat, Senin (23/09/2019) pantauan hidayatullah.com sekitar pukul 14.52 WIB situs Kemendagri di alamat resmi https://www.kemendagri.go.id masih belum bisa diakses.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku pihaknya sudah mengetahui keberadaan pelaku peretasan situs web www.kemendagri.go.id.

Keberadaan pelaku peretasan diketahui setelah diusut Kemendagri bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Mabes Polri. “Oh (pelaku) sudah (diusut). Kita lihat dari Kominfo, Cyber Mabes Polri, minta tolong,” ujar Tjahjo saat ditemui di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Senin (23/09/2019) kutip Kompas.com.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !