Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pimpinan MPR: Masjid Sarana Tingkatkan Kualitas Umat & Bangsa

Istimewa
Bagikan:

Hidayatullah.com– Keberadaan masjid sebagai sarana dalam upaya meningkatkan kualitas keumatan dan kebangsaan, termasuk kualitas pondok pesantren.

Demikian pesan sekaligus harapan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam acara pengecoran pertama pondasi pembangunan Masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, Senin (16/09/2019).

Masjid Baitul Abbas Thalib terletak di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, Sambirejo Mantingan Ngawi, Jawa Timur.

Masjid Baitul Abbas Thalib seluas 1.600 meter dengan dua lantai. Masjid ini akan menampung sebanyak 1.919 santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2.

Masjid Baitul Abbas Thalib merupakan wakaf dari almarhum Dr Abbas Muhammad bin Thalib.

Mewakili waqif Dr Abbas Muhammad bin Thalib, HNW mengatakan, wakaf ini adalah kelanjutan amal shaleh almarhum Abbas Thalib untuk kepentingan umat, bangsa, dan negara.

“Untuk meningkatkan kualitas keumatan dan kebangsaan, termasuk (kualitas) di pesantren,” ujarnya dalam siaran persnya, Selasa (17/09/2019).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini mengungkapkan bahwa Abbas Muhammad bin Thalib merupakan orang kepercayaan tokoh Masyumi Dr Muhammad Natsir.

Abbas Thalib membangun rumah sakit Islam di Bukittinggi, Sumatera Barat, yang kini menjadi rumah sakit besar di Bukittinggi.

“Beliau juga diamanahkan Muhammad Natsir untuk melaksanakan program pelayanan kesehatan untuk para kiai dan ustadz,” ujarnya.

Disebutkan bahwa Abbas Thalib wafat pada bulan Syawal atau Juni 2019.

“Selama ini almarhum berpihak dan membela kepentingan keumatan. Beliau sangat marah kalau melihat kemunkaran. Tidak rela kondisi umat mundur dan terbelakang,” ungkapnya.

Mendekati akhir hayatnya, lanjut HNW, almarhum Abbas Thalib masih ingin berbuat lebih banyak lagi untuk umat. Sehingga, dibentuklah Yayasan Waqaf Abbas Thalib.

Wakaf Masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 sudah mendapat persetujuan dari Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal dan Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor.

HNW berharap pengasuh dan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri bisa memakmurkan masjid tersebut. Apalagi, katanya, masjid itu berada di lingkungan pesantren dan akan menjadi pusat Universitas Darussalam.

“Maka masjid ini akan menjadi ramai dan makmur untuk kegiatan santri dan para mahasiswi. Keberadaan masjid ini memberi manfaat untuk para santri dan mahasiswi,” ungkapnya.

Dalam pengecoran pertama pembangunan Masjid Baitul Abbas Thalib itu, hadir dr Diana Abas Thalib (istri HNW yang juga putri dari Dr Abbas Thalib), Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal, anggota Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor KH Abdullah Sa’id Baharmus, Ketua Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor KH Drs Akrim Mariyat, Pengasuh Gontor Putri Kampus 2 H Umar Sa’id Wijaya.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Pelajar Jayapura Alami Kesulitan Akibat Pemblokiran Internet

Pelajar Jayapura Alami Kesulitan Akibat Pemblokiran Internet

UII Protes Tudingan Makar Terhadap Diskusi “Pemecatan Presiden” di UGM

UII Protes Tudingan Makar Terhadap Diskusi “Pemecatan Presiden” di UGM

Jamaah Haji Lanjut Usia Masih Bisa Berangkat

Jamaah Haji Lanjut Usia Masih Bisa Berangkat

FOZ Bedah UU Ciptaker Bareng Ahli Hukum, Pemerhati Pendidikan, dan Peneliti, Simak Pemaparannya!

FOZ Bedah UU Ciptaker Bareng Ahli Hukum, Pemerhati Pendidikan, dan Peneliti, Simak Pemaparannya!

Autopsi Jenazah Siyono Berjalan Lancar, Muhammadiyah Beberkan 2 Temuan Awal

Autopsi Jenazah Siyono Berjalan Lancar, Muhammadiyah Beberkan 2 Temuan Awal

Baca Juga

Berita Lainnya